Tongkonan Berisi Jenazah di Sa’dan Toraja Utara, Ludes Dilalap Api

Tongkonan

Tongkonan Berisi Jenazah di Sa'dan Toraja Utara, Ludes Dilalap Api

Jakarta, GoSulbar -- Dua rumah adat Toraja (Tongkonan) yang salah satunya berisi jenazah dan sebuah rumah panggung di Dusun Bombong, Desa Liku Lambe, Kecamatan Sa'dan, Toraja Utara, terbakar, Jumat (2/6/2017) sekitar pukul 03.00 Wita.

Kerugian materil ditaksir mencapai Rp 1,3 miliar.

"Lokasi kebakaran 10 kilometer dari ibu kota Kecamatan Sa'dan, dan akses menuju lokasi berlumpur. Kami sementara membantu para korban kebakaran ini serta membuatkan tenda sementara," kata Komandan SAR SOS Karang Taruna Toraja Utara, Zeth Patandungan, kepada TribunToraja.Com, melalui telepon, Jumat.

Kronologis kejadian, jelas Zeth, berawal dari api yang menyala pada kayu di dapur belakang Tongkonan sehingga api tersebut menjalar ke rumah panggung milik Ne' (nenek) Pare (80).

Angin kencang membuat api menjalar ke Tongkonan milik Sampe (50) dan Samman (90). Disalah satu Tongkonan itu, disemayamkan jenazah Kembong atau Ne' Rante yang meninggal pada 23 Februari 2017.

Gempa 4 SR Guncang Mamasa Terasa Hingga Toraja
Gempa Poso, Sejumlah Wilayah di Sulbar dan Sulsel Turut Terguncang

Pemakaman Ne' Rante menunggu upacara kematian sesuai adat Toraja.

Turut terbakar uang tunai Rp 21 juta, emas 17 gram, satu unit televisi, dan satu ekor babi juga menjadi korban dalam kebakaran yang keenam tercatat di Toraja Utara sepanjang tahun 2017 ini. "Sudah datang BPBD dan Dinas Sosial Toraja Utara di lokasi," ujat Zeth.

Pembuatan pondok tempat tinggal sementara para korban musibah serta bantuan logistik dasar telah diserahkan kepada tiga kepala keluarga. 

Tongkonan Berisi Jenazah di Sa’dan Toraja Utara, Ludes Dilalap Api

Sumber Tribunnews.com