PKB dan PAN Merapat Dukung Ahok, Apa Kabar Ahmad Dhani dan Yusril

Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok

Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok

JAKARTA, GoSulbar.com ~ Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Amanat Nasional (PAN) tengah mendekati Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Menurut PKB Ahok adalah sosok yang pas memimpin Ibukota Jakarta. Beberapa kriteria yang ditetapkan PKB ada pada Ahok meski masih ada kriteria yang belum terpenuhi.

Anggota Dewan Syuro PKB Maman Imanulhaq mengatakan, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) juga tertarik dengan sosok Ahok.

"Cak Imin tertarik dengan fenomena Ahok. Kami belajar dari fenomena Jakarta, dan sosok Ahok ideal buat Jakarta" kata Maman di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (17/3).

Selain PKB, salah satu partai yang tengah merapat ke kubuh Ahok adalah Partai Amanat Nasional (PAN). Kendatipun begitu PAN juga belum berani memberikan kepastian dukungannya untuk Ahok.

Ketum PAN Zulkifli Hasan mengakui sudah bertemu dengan Ahok membahas Pilgub DKI. Namun, PAN belum membuat keputusan dan masih menunggu hasil survei.

"Jadi begini kemarin itu waktu acara pelantikan Pak Tito jadi Kepala BNPT, kan dihadiri lembaga-lembaga penting negara. Saya ketemu Pak Ahok di Istana. Saya bilang, nanti PAN survei untuk DKI, begitu. Siapa sih tokoh yang diinginkan masyarakat DKI. Setelah survei itu nanti diputuskan," kata Zulkifli saat dihubungi, Jumat (18/3/2016).

Dia mengatakan PAN belum ada keputusan final terkait figur yang didukung menjadi bakal calon gubernur DKI. Sejauh ini, nominasi di internal PAN ada kadernya seperti Bupati Bojonegoro Suyoto dan Wali Kota Bogor Bima Arya.

Sementara, dari eksternal partai ada Ahok, Yusril Ihza Mahendra, sampai Adhyaksa Dault.

"Jadi, survei oleh PAN itu April sampai awal Mei. Lihat bagaimana. Siapa yang kuat dan diinginkan masyarakat Jakarta?" tutur Ketua MPR itu.

Diakui Zulkifli, mengacu survei saat ini yang dilakukan berbagai lembaga dan pihak lain, Ahok memang masih tertinggi sebagai bakal calon Gubernur DKI. Dibandingkan sosok lain, kepopuleran mantan Anggota DPR dari F-Golkar itu masih di puncak.