Pelabuhan Belang-belang Mamuju Uji Coba Eksport Cangkang Sawit

Jakarta, GoSulbar.com-- Pelabuhan Belang-belang yang terletak di Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat akan uji coba ekspor cangkang sawit pada akhir tahun 2017.

Hal tersebut dikemukakan Kepala Dinas Perhubungan Sulbar, Khaeruddin Anas usai menggelar rapat kerja bidang perhubungan di Hotel Maleo Mamuju.

Anas mengatakan akan melakukan uji coba ekspor cangkang sawit ke beberapa negara. "Yang pasti bahwa akhir 2017 kami berharap Belang-belang sudah melakukan proses ekspor, bahkan bulan depan kita akan uji coba ekspor cangkang sawit ke Jepang, kita juga sedang merancang kontainer yang cocok untuk ekspor cangkang tadi," tutur Anas, Kamis (24/11).

Ia mengatakan, pihak Pelindo yang menjadi mitra kerjasama telah menyiapkan kapal angkutan bermuatan lebih dari 10.000 ton. "Kalau untuk pelabuhan Belang-belang di desain kita, kita memang akan jadikan pelabuhan ekspor," jelasnya.

Namun pihaknya mengaku, di pelabuhan Belang-belang masih kekurangan adanya crane alat pengangkat barang. "Di Belang-belang sendiri masalahnya sekarang kita belum punya crane, olehnya kita akan bekerjasama nantinya dan mereka menyediakan kapal yang memiliki crane," tukasnya. (mt/rn)

Sumber : Rakyatku news