Orang Tua di Italia yang Paksa Anak Diet Vegan Terancam Dipenjara

Ilustrasi Anak Lakukan Diet Vegan

Ilustrasi Anak Lakukan Diet Vegan

Orang Tua di Italia yang Paksa Anak Diet Vegan Terancam Dipenjara ~ Membiasakan anak untuk makan sehat sejak kecil merupakan jaminan bagi anak agar tumbuh sehat. Bahkan di Italia, sebagian orang tua memaksa anaknya untuk mengikuti pola makan vegetarian, yang biasanya juga diadopsi si orang tua.

Tak disangka, praktik ini mengakibatkan munculnya beberapa kasus malnutrisi pada anak di negara tersebut. Dalam kurun 18 bulan terakhir, tercatat terdapat empat kasus anak malnutrisi yang harus dirawat karena diberi makan ala vegetarian.

Salah satunya di Milan. Dilaporkan seorang anak berusia satu tahun harus dilarikan ke rumah sakit karena bobotnya sama seperti bayi umur tiga bulan akibat diet vegan. Di tahun 2015, pengadilan juga meminta seorang ibu berhenti memaksakan diet vegan pada anaknya yang berusia 12 tahun karena sang ayah mengeluh pola makan itu membuat tubuh si anak tak bisa tinggi.

Kondisi ini mengejutkan seorang anggota parlemen Italia bernama Elvira Savino. Geram, wanita berusia 39 tahun itu pun baru-baru ini mengajukan draf kebijakan yang berisi ancaman bagi orang tua yang memaksa anaknya untuk mengadopsi pola makan vegan dengan hukuman penjara.

Savino beralasan, ia tahu betul jika masyarakat Italia percaya pola makan vegan mempunyai manfaat kesehatan yang luar biasa. Namun pilihan untuk mengadopsi pola makan semacam ini atau tidak, hanya bisa ditentukan oleh orang dewasa saja.

Apalagi faktanya diet vegan bersifat rendah nutrisi seperti seng, zat besi, vitamin D, vitamin B12 dan omega-3, padahal seorang anak membutuhkan berbagai macam nutrisi untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya.

"Jika sampai ada anak yang masuk rumah sakit karena perilaku ceroboh seperti ini, saya kira kita harus turun tangan dan melindungi mereka," katanya seperti dikutip dari Reuters, Kamis (11/8/2016).

Sejumlah pakar menduga, orang tua dari anak-anak pasien malnutrisi ini tidak paham betul bagaimana menerapkan pola makan vegetarian yang aman bagi anak-anak. Demikian seperti dilaporkan BBC.

Bukannya tidak boleh, sebab para ahli gizi dari American Dietetic Association mengungkapkan, diet vegan sebenarnya cocok diadopsi oleh anak. Asalkan orang tua juga memastikan mereka mendapatkan seluruh nutrisi yang dibutuhkannya, terutama vitamin B12.

Tak tanggung-tanggung, dalam draf yang diajukan Savino disebutkan orang tua yang nekat berbuat demikian akan diamankan dan dihukum bui setidaknya selama satu tahun, maksimal empat tahun jika si anak sampai jatuh sakit atau mengalami cedera permanen dan enam tahun bila si anak meninggal dunia.

Draf undang-undang ini sendiri rencananya akan dibahas tahun ini juga. Sasarannya adalah orang tua dari anak-anak berumur di bawah 16 tahun, dan penaltinya bakal ditambah satu tahun jika umur anak masih di bawah tiga tahun.

Detik Health