M Salah Cs Pulang Kampung Usai Takluk dari Timnas Rusia 3 – 1 Mesir

M Salah, Pemain Timnas Mesir

M Salah, Pemain Timnas Mesir

Jakarta, GoSulbar.com - Tim Nasional Mesir 'pulang kampung' setelah menelan kekalahan kedua saat menjamu tim tuan rumah Rusia dengan skor akhir Rusia 3 - Mesir 1.

Adalah Stanislav Cherchesov yang sukses membuat Mesir menjadi tim pertama yang 'angkat koper' dari Rusia. Strategi jitu pelatih 54 tahun itu membuat Mesir tidak bisa berbuat banyak di pertandingan keduanya.

Setidaknya ada dua langkah besar dari Cherchesov yang dilakukan saat melawan Mesir sehingga membuat Rusia lolos ke babak 16 besar Piala Dunia.

Pertama, perubahan komposisi starter yang tepat. Saat melawan Mesir Cherchesov membuat dua pergantian pemain. Denis Cheryshev dimainkan sejak awal menggantikan Alan Dzagoev yang cedera di laga pertama. Lalu Cherchesov juga memasukkan Artem Dzyuba dan mencadangkan Fyodor Smolov yang jadi starter lawan Arab Saudi.

Baik Cheryshev dan Dzyuba sama-sama membuktikan kepercayaan yang diberikan Cherchesov. Keduanya menyumbang gol untuk Rusia dalam laga melawan Mesir. Cheryshev mencetak gol kedua pada menit ke-59, sedangkan Dzyuba mencetak gol pamungkas pada menit ke-62.

Keberadaan dua pemain itu membuat permainan Sbornaya lebih atraktif. Cheryshev tidak saja membahayakan pertahanan Mesir dari sisi sayap, tetapi juga kerap mengancam dari sektor tengah.

Cheryshev dan Dzyuba kian melengkapi strategi Cherchesov yang menginginkan anak asuhnya bermain cepat dan memberikan pressing ketat kepada Mesir.

Dengan gaya bermain seperti itu The Pharaohs sedikit kewalahan. Tidak banyak ruang gerak yang dimiliki tim asuhan Hector Cuper itu, terutama di babak pertama.