Kemenkes: Penyebab Kematian Bos LV Indonesia Bukan Virus Zika

d58f7f01-be86-4358-9778-aff7a779c51f_43Jakarta, GoSulbar.com -- Meninggalnya Inka Wardhana (61), bos Louis Vitton (LV) Indonesia beberapa waktu lalu dikaitkan dengan virus zika. Pihak Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pun angkat bicara mengenai hal ini.

"Menyampaikan klarifikasi terkait rumor kematian Inka Wardhana akibat virus Zika, bahwa Kementerian Kesehatan mengonfirmasi penyebab kematiannya bukan virus Zika," tegas Kepala Biro Komunikasi & Pelayanan Masyarakat Kemenkes, drg Oscar Primadi, MPH dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Sabtu (30/1/2016).

drg Oscar juga menyampaikan perlu diketahui bahwa saat ini konfirmasi pemeriksaan virus Zika hanya bisa dilakukan di laboratorium tertentu, yaitu Balitbangkes Kemenkes dan Lembaga Biomolekuler Eijkman.

Di sepanjang tahun 2016 pun dikatakan drg Oscar tidak ada laporan hasil konfirmasi virus Zika dari kedua lab tersebut. Meski begitu, Kemenkes tetap mengimbau kepada masyarakat agar bisa turut aktif melakukan pencegahan kemungkinan tertularnya virus Zika.

Caranya, dengan menghindari gigitan nyamuk Aides Agyptes, khususnya melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) melalui kegiatan 3M yaitu menguras dan menyikat tempat penampungan air, menutup tempat penampungan air, dan memanfaatkan atau mendaur ulang barang bekas yang bisa menampung air.

"Juga ikut melakukan pengawasan jentik nyamuk dan meningkatkan daya tahun tubuh melalui perilaku hidup bersih dan sehat," ujar drg Oscar.

Beberapa waktu lalu, Dinas Kesehatan DKI Jakarta menegaskan pihaknya belum menerima laporan adanya pasien yang meninggal karena virus Zika. Menurut Kepala Dinkes DKI Jakarta, Koesmedi, kasus zika pernah ditemukan di Jambi awal tahun 2015 lalu namun tidak sampai menyebabkan kematian. Setelah itu hingga awal tahun 2016 belum ada lagi laporan soal virus zika.

Tags: