Gempa Poso, Sejumlah Wilayah di Sulbar dan Sulsel Turut Terguncang

Gempa Poso, Sejumlah Wilayah di Sulbar dan Sulsel Turut Terguncang

Gempa Poso, Sejumlah Wilayah di Sulbar dan Sulsel Turut Terguncang

Jakarta, GoSulbar -- Malam ini gempa bumi berkekuatan 6,6 SR mengguncang Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah. Besarnya guncangan turut dirasakan oleh masyarakat diberbagai wilayah sulawesi, seperti di Sulawesi Barat terasa di Kabupaten Mamasa, Kabupaten Mamuju Tengah dan Pasang Kayu.

Sementara itu untuk wilayah Sulawesi Selatan dua Kabupaten yang juga merasakan adanya guncangan adalah wilayah Kabupaten Luwu dan Kabupaten Toraja.

Dikutip dari akun Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika pada Twitter @infoBMKG, gempa ini berkekuatan 6,6 Skala Richter.

"#Gempa Mag:6.6 SR, 29-Mei-17 21:35:22 WIB, Lok:1.33 LS,120.41 BT (38 km BaratLaut POSO-SULTENG), Kedlmn:10 Km #BMKG," demikian kicauan @infoBMKG.

Walau berkekuatan 6.6 SR, namun gempa ini tak berpotensi menimbulkan tsunami.

Warga Toraja Juga Rasakan Gempa Poso

Warga Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara juga merasakan gempa bumi yang terjadi di Poso, Sulteng, Senin (29/5/17) malam.

"Memang kami merasakan gempa, tapi info dari BMKG Bandara Pongtiku terjadi di luar Toraja," ujar Ketua Forum Penanganan Dini

Bencana (FPB) Toraja Utara, Pdt. I.Y. Pagallo, kepada TribunToraja.Com, via telepon. Selain Toraja, kabupaten yang merasakan gempa Poso ini adalah Bone dan Palopo.

Informasi dari BMKG, gempa terjadi pukul 21.35 wita di 38 kilometer barat laut Poso, Sulteng, dengan kekuatan 6,6 scala richter, kedalaman 10 kilometer dan tidak berpotensi tsunami.