Bleketepe Sampai Midodareni, Prosesi Pernikahan Kahiyang-Bobby Hari Ini

Jakarta, GoSulbar.om-- Hari ini, Selasa (7/11), rentetan ritual adat untuk pernikahan Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu mulai digelar. Dimulai dengan pemasangan bleketepe pagi ini dan malam midodareni sebagai penutup. 

Menurut jadwal yang di Wolipop, Presiden Joko Widodo akan melakukan ritual pemasangan bleketepe pada pukul 08.00 WIB di kediamannya di Jalan Kutai Utara, Kelurahan Sumber, Banjarsari, Solo. Bleketepe adalah rangkaian daun kelapa berbentuk tujuh bujur sangkar berukuran 50x50 centimeter. Bleketepe tak sendiri ada perlengkapan lainnya yakni pohon pisang, buah pisang raja, tebu, buah kelapa, daun beringin dan janur kuning. 

Biasanya bleketepe dipasang untuk menandakan keluarga akan menggelar hajatan pernikahan. Bleketepe juga bisa menjadi simbol sebuah harapan. Setelah Jokowi memasang bleketepe dan tuwuhan, Kahiyang akan menghadap kedua orangtuanya untuk meminta doa restu. 

Masih di kediamana Jokowi, selanjutnya kedua orangtuanya akan memulai acara siraman dengan air khusus yang diambil dari tujuh mata air terpilih. Keluarga Bobby juga menggelar siraman di tempat yang terpisah, tepatnya di Hotel Alila. Bobby akan dimandikan oleh keluarganya dan undangan khusus, termasuk Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto.

Lantunan doa akan terus mengumandang sepanjang acara yang dikemas dalam bentuk rerepen yaitu lantunan gendhing tradisional yang mengalun lamat-lamat, berisi untaian doa untuk keselamatan calon mempelai. Pada acara siraman Jokowi, bukan hanya Jokowi dan istri yang akan mengguyurkan air ke sekujur tubuh Kahiyang yang telah mengenakan pakaian khusus selama siraman. Sejumlah sesepuh keluarga dan tamu yang diundang khusus juga akan ikut menyiramkan air ke tubuh Kahiyang sebagai simbol memberikan doa.

Sebagai bagian dari rangkaian siraman ini adalah menanam potongan rambut kedua calon mempelai yang telah dipersatukan. Potongan rambut itu akan ditanam di pekarangan kediaman orangtua calon mempelai perempuan, Selasa (7/11).

Akhir dari siraman bagi Kahiyang adalah acara bopongan, yaitu Jokowi akan membopong putri tunggal kesayangannya menuju kamar hias. Kahiyang selanjutnya akan didandani dengan busana khusus dan akan berdiam di rumah untuk menjalani malam pasihan atau midodareni hingga puncak acara panggih pada Rabu siang. Akad nikah dan resepesi akan digelar besok di Graha Saba Buana. (mt/dt)

Sumber : Detik.com