Kunci Sehat dan Umur Panjang ada Pada Pikiran Positif

Rahasia Awet MudaAdakah kunci untuk mendapatkan kesehatan yang maksimal? Adakah caranya agar berumur panjang? Ternyata jawabannya ada pada pikiran, tetaplah berpikir positif. Pikiran memang salah satu unsur dari manusia yang paling sulit untuk dikendalikan. Ketika pikiran tidak konsentrasi maka, kita akan sulit mencapai sukses.

Berdasarkan penelitian disebutkan bahwa pikiran positif sangat mempengaruhi keadaan kesehatan dan umur yang panjang. 

"Penelitian menemukan, sikap yang lebih positif sangatlah bermanfaat di hari tua" ungkap studi Jennifer Bellingtier, dari North Carolina State University di Raleigh.

Disebutkan jika mereka yang berpikir positif lebih mudah mendapat perawatan di rumah sakit jika mengalami masalah pada kesehatan. "Orang-orang dengan sikap positif berisiko lebih rendah dirawat di rumah sakit dan cenderung hidup lebih lama" terangnya kepada Reuter yang dikutip dari Kompas.com.

Sedikitnya 43 orang dewasa yang disurvei dengan kisaran usianya mencapai 40 tahun ke atas. Peneliti meminta para informan untuk menjawab sejumlah pertanyaan, bagaimana mereka menghadapi penuaan secara umum. Bagaimana perasaan mereka jika mereka sudah mulai tua dan merasa kurang berguna ketimbang masa mudanya.

Selanjutnya dalam rentan waktu delapan hari, para informan diminta menyelesaikan kuesioner, isinya menyangkut keadaan saat stres serta emosi negatif seperti marah, atau tertekan.

Dilaporkan dalam jurnal The Jurnal of Gerontology, orang-orang dengan sikap yang lebih positif tentang penuaan umumnya cenderung melaporkan keadaan emosional yang konsisten di masa delapan hari, yaitu terlepas dari stres.

Tapi orang-orang dengan sikap yang lebih negatif, emosi cenderung berfluktuasi tergantung pada stres.

"Penelitian ini menyajikan pandangan yang berbeda tentang penuaan" ungkap Bellingtier.

Bellingtier bahkan menuturkan, orang dewasa yang lebih tua sering merasa lebih bahagia dengan kehidupan mereka ketimbang orang yang berusia 20-an atau 30-an, mengingat pengalaman hidup membuat orang yang lebih tua memiliki waktu lebih lama untuk mengembangkan hubungan yang berarti dengan keluarga maupun teman.

Kompas.com

No Response

Leave a reply "Kunci Sehat dan Umur Panjang ada Pada Pikiran Positif"