Presiden ke-5 Indonesia Megawati Sampaikan Tugas TNI Menjaga Kedaulatan dan Wujudkan Perjuangan Cita-cita Bangsa

 Jakarta, GoSulbar -- Presiden ke 5 Indonesia, Megawati Soekarno Putri mengatakan tugas TNI yakni untuk terus mengawal cita-cita dan tujuan berbangsa dan bernegara. Hal itu disampaikan saat pembekalan taruna remaja TNI di Mabes TNI, Jakarta Timur.

Di hadapan 437 taruna, putri proklamator Bung Karno itu menyampaikan jika TNI bukan hanya menjadi garda terdepan dalam menjaga kedaulatan wilayah negara. Tetapi juga terus berjuang mewujudkan tujuan dan cita-cita bangsa.

"Tujuan nasional itu dinyatakan dalam konstitusi kita mewujudkan Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaukat adil dan makmur," kata Mega dalam pidatonya di Aula Gatot Subroto Mabes TNI, Jakarta Timur, Jumat ( 21/7/2017).

Demi mendukung tugas TNI, tentu bukan tugas yang mudah untuk diwujudkan cita-cita tersebut di era modern dan dinamikan global saat ini. Dia menambahkan, dibutuhkan anggota TNI yang solid, tangguh, terlatih, profesional, dan modern.

Mega lalu bercerita bagaimana tantangan dia saat pertama kali menjabat presiden. Saat itu TNI diembargo senjata oleh Amerika Serikat. Padahal TNI merupakan alat negara untuk mewujudkan cita-cita dan tujuan bernegara. Ditambah lagi ancaman disintegrasi yang mengancam didepan mata. Indonesia pun lalu beralih impor senjata dari Rusia. Untuk pertama kalinya, TNI memiliki Sukhoi SU-27 dan SU-30. Kehadiran pesawat tempur canggih itu tentu menambah kekuatan pasukan tempur TNI.(mt/mt)