Pemerintah Libatkan Warga dalam Pengelolaan Dana Desa

Jakarta, GoSulbar -- Kepala Staf Presiden Teten Masduki meminta warga ikut serta dalam mengawasi pengelolaan dana desa. Hal itu disampaikannya saat menanggapi adanya operasi tangkap tangan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas dugaan penyalahgunaan dana desa di Pamekasan, Jawa Timur.

"Sebenarnya yang paling penting adalah manajemen pengelolaan dana desa ini yang transparan, lalu yang melibatkan partisipasi publik, partisipasi warga desa dalam perencanaannya," tutur Teten di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (4/8/ 2017).

Menurut dia, adanya partisipasi warga dalam pengelolaan dana desa bisa mencegah terjadinya penyimpangan ataupun penyelewengan dana desa. Pasalnya, dalam rapat kabinet Presiden Joko Widodo berulang kali mengingatkan bila dana desa jangan sampai salah dialokasikan untuk hal yang tidak produktif. 

Selain itu, kata dia, Presiden juga mengingatkan jangan sampai disalokasi tersebut kemudian menjadi bentuk penyimpangan dana desa. Teten mengatakan, selama ini pun masyarakat juga sudah terbiasa dalam mengelola dana.Lebih lanjut, ia mengatakan jika aparat desa transparansi dalam pengelolaan dana desa dan warga dilibatkan dalam perencanaan penggunaan dana desa, penyimpangan pun tidak akan terjadi.(mt/mt)

No Response

Leave a reply "Pemerintah Libatkan Warga dalam Pengelolaan Dana Desa"