Tang Calo CPNS Ditangkap Polda Sulbar, Guru di SMA Negeri 1 Wonomulyo

Jakarta, GoSulbar -- Muhammad Tang adalah guru di SMA Negeri 1 Wonomulyo, Kecamatan Wonomulyo, Kabupaten Polman, Sulbar.

Tim Khusus Direktur Kriminal Umum (Dirkrimum) Polda Sulbar menangkap tersangka di hotel Darisa Jaya, depan terminal Pulo Gadung, Jakarta Timur.

Dirkrimum Polda Sulbar Kombes Pol Hery Wiyanto mengatakan, kasus tersebut berawal dari laporan tiga warga Polewali Mandar yang menjadi korban.

Haji Tang, sapaan H Muhammad Tang, disebut koordinator calo CPNS wilayah Sulselbar.

"Tapi ini merupakan sindikat karena di wilayah lain juga ada sekitar empat daftar nama yang kita cari untuk dilakukan pemeriksaan apakah mereka juga terlibat dan kelompok ini untuk mencari mangsa, atau juga sebagai korban dari penipuan ini,” tutur mantan Kabid Humas Polda Bali, itu.

Setelah penangkapan Tang di Jakarta, rupanya ada lagi pelaku bernama Hj Yuli.

"Yuli pensiunan BKN yang menjadi otak dari sindikat penipuan ini, dan mudah-mudahan itu bisa kami rangkap secepatnya dibantu Kepolisian yang ada di Metro Jaya," katanya.

Kerugian dalam penipuan tersebut mencapai angka miliaran.

"Dibayar secara bertahap, kemudian setelah terbit SK CPNS yang palsu mereka baru membayar seratus persen antara 85 juta sampai 100 juta, dan berdasarkan pengakuan tersangka ada sekitar satu miliar lebih khusus di Sulsel dan Sulbar," kata Hery.

Setelah Polda Sulbar menelusuri hingga sampai ke BKD,"memang SK yang terbit tersebut palsu dan berdasarkan keterangan saksi ahli mengatakan tidak ada proses demikian dalam penerimaan CPNS."

Korban Haji Tang diketahui masih ada yang menunggu janji dipenuhi atau dijadikan pegawai.

"Sehingga saya tegaskan proses adalah penipuan berdasarkan keterangan saksi ahli," tegas Hery.

Saat ini tersangka ditahan di Markas Polda Sulbar.

Tersangka terancam dijerat pasal 378 KUHP tentang tipu daya atau membohongi dengan ancaman kurungan 5 tahun penjara.

Dirkrimum Polda Sulbar akan memanggil pimpinan dimana tersangka bekerja, untuk dimintai keterangan sebagai aparatur sipil negara (ASN). (bn/tn)

No Response

Leave a reply "Tang Calo CPNS Ditangkap Polda Sulbar, Guru di SMA Negeri 1 Wonomulyo"