Terdampak Hama, Harga Kakao di Mamuju Anjlok

Jakarta, GoSulbar.com-- Harga kakao petani di Kabupaten Mamuju Sulawesi Barat dalam dua pekan terakhir alami penurunan, dari Rp40.000 per kilogram menjadi Rp25.000 per kilogram.

Hal ini diungkapkan Andri, petani kakao di Mamuju, Senin (12/2), harga kakao mengalami penurunan sekitar Rp15.000 per kilogram di wilayah Mamuju, harga tersebut sudah ditetapkan oleh pedagang pengumpul.

Kualitas kakao yang rendah, Andri menambahkan karena terdampak serangan hama dan penyakit , berimbas pada harga kakao di Mamuju tersebut anjlok. Menurutnya, akibat menurunnya harga kakao tersebut menyebabkan sebagian petani kakao mengalami kerugian setelah mengeluarkan biaya modal pemeliharaan tanaman perkebunannya itu.

"Petani resah karena biaya pemeliharaan tanaman kakao ini cukup tinggi, sementara hasil yang diharapkan turun hampir setengah dari keuntungan yang ditargetkan," terangnya.

Petani kakao di Mamuju berharap pemerintah memberikan bantuan kepada petani berupa pupuk dan pestisida agar tanaman kakao tidak terserang hama dan penyakit yang menurunkan kualitas produksi coklat itu.

"Para petani juga berharap kepada pemerintah agar memberikan bantuan pupuk dan modal untuk mengembangkan tanaman kakao agar produksi meningkat dan kualitas yang baik sehingga berdampak pada peningkatan kesejahteraan petani," pungkasnya.(mt/ae)

Sumber : Akurat Ekonomi

No Response

Leave a reply "Terdampak Hama, Harga Kakao di Mamuju Anjlok"