Tambah Investasi, Alibaba Kuasai 83 Persen Saham Lazada

LazadaJakarta, GoSulbar -- Perusahaan e-commerce asal Tiongkok, Alibaba Group Holding, menambah investasi sebesar US$ 1 miliar atau setara Rp 13 triliun di perusahaan retail online Lazada Group yang berbasis di Asia Tenggara.

Investasi tersebut bakal memperbesar kepemilikan saham Alibaba di Lazada menjadi 83 persen, dari sebelumnya sebesar 51 Persen.

Mengacu pada Reuters, Alibaba mengumumkan langkah bisnis tersebut setelah pesaingnya, perusahaan e-commerce asal Tiongkok JD.com Inc memperluas operasinya ke Asia Tenggara.

“Ini merupakan sinyal terang dari (Alibaba) bahwa, setelah mempelajari pasar secara lebih baik, mereka betul-betul percaya dengan peluang bisnis e-commerce di Asia Tenggara,” kata Kepala Eksekutif Lazada, Rabu (28/6).

Investasi Alibaba telah memberikan keuntungan bagi Lazada, bukan hanya secara finansial, tapi juga akses untuk menjangkau lebih banyak merchant dan meningkatkan kemampuan logistiknya.

Bittner mengatakan keberadaan Alibaba sangat membantu perusahaan dalam membedakan diri dari Amazon dan pesaingnya yang lain. “Akan lebih mudah untuk menghadapi satu gorila seberat 800 pound ketika Anda memiliki gorila seberat itu juga di belakang Anda,” kata dia menanggapi kemungkinan masuknya Amazon. (nv/kd)

Sumber: KataData.co.id