STAH DN Jakarta Gelar Upacara Upanayana dan Samawartana

Upacara Upanayana dan Samawartana STAH DN Jakarta

Jakarta, Gosulbar.com -- Sekolah Tinggi Agama Hindu Dharma Nusantara Jakarta atau disingkat STAH DN Jakarta, telah melaksanakan Upanayana dan Samawartana.

Upacara sakral tersebut digelar di Pura Agung Taman Sari, Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, pada Kamis, 27 September 2018.

Upanayana memiliki banyak pengertian. Dalam kamus Agama Hindu, Upanayana : Upacara penyucian murid yang baru belajar Weda yang dilakukan oleh seorang Guru.

Dalam Kitab Sathapatha Brahmana dijelaskan : Bahwa seorang Acharya meletakkan telapak tangannya di ubun-ubun anak itu sebagai simbol persatuan dan pencurahan seluruh personalitenya kepada murid-muridnya dan setelah itu barulah diajarkan Mantra Sawitri untuk menjadikannya sebagai seorang brahmana.(konsep-konsep śraddhā agama Hindu).

Sementara itu, Upacara Samawartana disebutkan sebagai tanda selesainya masa pendidikan awal dan memasuki lapangan pekerjaan dan membangun keluarga. Samavartana Samskara bertujuan untuk memberikan petunjuk dan tuntunan terakhir tentang pengendalian indria, berdana punia dan kesejahteraan umat manusia.

Puluhan mahasiswa tingkat awal mendapat percikan air suci dari pemimpin upacara. Begitu juga bagi mahasiswa yang akan diwisudah mendapat percikan air suci, dengan harapan mereka menjadi orang yang berguna di masyarakat.

Selanjutnya pada Sabtu, 29 September 2018 besok, akan diadakan ceremony wisudah yang kegiatannya akan digelar di Gedung serbaguna Pura Agung Taman Sari, Halim Perdana Kusuma. (nv)