Rumah Dihantam Gelombang Tinggi, Warga di Polewali Mandar Mengungsi

Jakarta, GoSulbar.com-- Warga di sepanjang pesisir Pantai Ujung, Kelurahan Polewali, Polewali Mandar, Sulawesi Barat, mengungsi setelah gelombang tinggi menerjang rumah mereka. Tanggul-tanggul yang melindungi rumah di sisi pantai ambruk oleh gelombang tinggi sehingga air masuk ke tempat tinggal warga.

Berdasarkan pantuan Kompas.com, pukul 16.00 Wita, warga di sepanjang pesisir Pantai Ujung, Kelurahan Polewali Mandar, sudah bersiaga di sekitar rumah masing-masing. Maklum gelombang tinggi yang menghantam permukiman warga setiap petang hingga malam hari ini menyebabkan puluhan rumah di lokasi ini terancam ambruk.

Beberapa rumah di antaranya bahkan sudah miring lantaran tanah tempat bangunan itu berdiri tergerus ombak. Tanggul setinggi sekitar 50 centimeter di sepanjang pantai yang menghalangi gelombang selama ini tak bisa lagi diharapkan lantaran sudah ambruk di sana sini. Tak heran, gelombang tinggi yang menghantam pantai, terutama dari pukul 18.00 wita hingga 20.00 Wita, tembus hingga ke permukiman warga.

Warga di sepanjang pantai mengaku selalu waswas menjelang sore hari. Pasalnya, gelombang tinggi yang menghantam hingga ke permukiman warga beberapa hari terakhir menyebabkan sejumlah rumah rusak. Rumah milik Fitma, salah satu warga yang terdampak gelombang mengaku sudah mengungsikan keluarga dan sejumlah barang-barang milik mereka karena khawatir rumahnya ambruk dihantam gelombang.

Tiga tiang rumahnya yang berdiri di sisi tepi pantai dan tanah tempat bangunan itu berdiri sudah tergerus gelombang yang menghantam beberapa hari terakhir, terutama menjelang malam. “Keluarga dan barang-barang sebagain sudah diungsikan ke rumah keluarga karena, kita takut air yang menghantam sampai ke lantai dan kamar,” kata Fitma, Rabu (2/2). (mt/kc)

Sumber : Kompas.com

 

No Response

Leave a reply "Rumah Dihantam Gelombang Tinggi, Warga di Polewali Mandar Mengungsi"