PLN Siap Ikuti Penyidikan Polisi Terkait Temuan Bungkus Kabel

kabel8JAKARTA, GoSulbar.com ~ Perusahaan Listrik Negara (PLN) mengatakan akan mengikuti proses penyidikan polisi yang sedang berjalan terkait temuan bungkus kabel dalam jumlah besar di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

Deputi Manajer Komunikasi dan Bina Lingkungan PLN Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang (Disjaya), Mambang Hertadi, mengemukan hal itu, Jumat (4/3/2016).

"Saat ini penyidik masih melakukan penyidikan dari bukti yang ada. PLN taat akan hukum dan membantu agar semuanya menjadi terang," kata Mambang

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Tito Karnavian telah menyatakan bahwa bungkus-bungkus kabel yang menyumbat selokan di sepanjang Jalan Medan Merdeka Selatan mirip bungkus kabel milik PLN.

PLN mencari sampel untuk menganalisa bahan yang ditemukan petugas pekerja harian lepas (PHL) Suku Dinas Tata Air Jakarta Pusat itu. Ada beberapa kriteria yang dapat dipakai untuk dijadikan bahan evaluasi.

Dari hasil sampel yang didapat, kupasan bungkus kabel itu merupakan armor atau pelindung kabel.

"Jadi kalau ada kabel, lapis dalam itu kabel intinya. Kemudian ada karet plastik, terus dilapisi lagi oleh bungkusan karet yang lain, baru dilapisi armor supaya terjaga dari barang tajam atau benda keras. Kemudian dilapisi karet luar," kata Mambang.

Ia menjelaskan, armor memiliki nilai dan bisa dijual. Meski tak menyebut rincian harganya, ia menyebut hasil penjualan bungkus kabel sebanyak 12 truk yang dikumpulkan dapat digunakan untuk biaya jalan-jalan.

PLN pun berjanji bakal memberi sanksi tegas jika kontraktornya terbukti melakukan kesalahan.

"Jika memang terbukti vendor PLN yang melakukan itu, kami akan kasih sanksi mereka. Kami blacklist. Jika itu vendor, enggak mungkin juga buang-buang armor, karena itu ada nilainya," kata Mambang. (vn/kc)

No Response

Leave a reply "PLN Siap Ikuti Penyidikan Polisi Terkait Temuan Bungkus Kabel"