Pernah Dengar 5 Keluarga Terkaya di Indonesia? Inilah Mereka

Keluarga Terkaya

Keluarga Terkaya, Keluarga Hartono

JAKARTA, GoSulbar.com - Pernah Dengar 5 Keluarga Terkaya di Indonesia? Tentu saja kenyataan ini akan membuat Anda tercengang. Kekayaan merekapun bukan hitungan belasan triliun belakanmelainkan mencapai Puluhan hingga ratusan triliun lohh.

Data ini diungkap oleh Bang Dunia yang menyebutkan sebanyak 10 persen orang terkaya Indonesia menguasai 77 persen kekayaan nasional pada tahun 2015. Sebagian besar dari mereka menjalankan bisnis keluarga.

1. Keluarga Terkaya Pertama ada Keluarga Hartono

Keluarga asal Kudus ini dikenal sebagai nahkoda Group Djarum. Awalnya, group yang dipimpin dua bersaudara, Robert Budi Hartono dan Michael Hartono ini berkecimpung di industri tembakau. Kini mereka merambah bisnis perkebunan, elektronik, properti, hingga e-comemrce. Kekayaannya pada tahun 2015 mencapai Rp 207,9 Triliun. Tiga perusahaan besar miliknya yakni; Djarum, Bank BCA, dan e-Commerce Kaskus.co.id.

2. Keluarga Terkaya Kedua ada Keluarga Wonowidjojo

Salah satu taipan Indonesia yang berkecimpung di Industri tembakau. Keluarga asal Kediri ini dikenal dengan perusahaanrokok Gudang Garam, yang sekarang dipimpin oleh Susilo Wonowidjojo. Keluarga ini melebarkan sayap bisnis di bidang hiburan dan transportasi udara. Adapun jumlah kekayaannya mencapai Rp 74 trilun pada tahun 2015. Dua perusahaan terbesarnya yakni Gudang Garam dan Surta Air.

3. Keluarga Terkaya ketiga Ada Keluarga Salim

Siapa orang Indonesia yang tak kenal Indomie? Liem Sioe Liong alias Sudono Salim adalah pendiri PT Indofood Sukses Makmur Tbk, salah satu perusahaan makanan dan minuman terbesar di Indonesia. Kini, tongkat estafet keluarga ini dipegang oleh Anthoni Salim yang gencar berekspansi ke mancanegara. Adapun kekayaan keluarga Salim pada tahun 2015 mencapai Rp 73 triliun. Saham terbesarnya pada tiga perusahaan yakni Indofood, Bank BCA, dan Indoagri.

4. Keluarga Terkaya keempat ada Keluarga Widjaja

Keluarga ini dikenal sebagai pengusaha Group Sinar Mas yang didirikan oleh Eka Tjipta Widjaja. Konglomerasi ini bergerak di lini bisnis multi dari industri kertas, pertambangan, perkebunan sawit hingga properti. Kekayaan keluarga Widjaja pada tahun 2015 mencapai Rp 71,5 triliun. Tiga perusahaan besar miliknya yakni APP, BSDCity dan Bank Sinarmas.

5. Keluarga Terkaya Kelima ada Keluarga Riady

Grup Lippo merupakan salah satu gurita bisnis dengan diversifikasi terluas. Group yang didirikan oleh Mochtar Riady ini berkecimpung di lini bisnis kesehatan, ritel, properti hingga e-commerce. Saat ini kapal Grup Lippo dinahkodai oleh James Riady. Adapun jumlah kekayaan Keluarga Riady pada tahun 2015 mencapai Rp 29,7 triliun. Tiga perusahaan tersebsarnya yakni Lippo Group, Matahari, dan Siloam Hospitals. (CNNIndonesia)