Penggemar Kecewa, Mobil Rio Haryanto Ditabrak Lalu Keluar dari F1 Rusia

Rio Haryanto Ditabrak di F1 RusiaGoSulbar.com ~ Sungguh bikin nyesek, itulah yang dialami jutaan penggemar pembalap F1 Rio Haryanto. Tidak tanggung-tanggung mobilnya ditabrak sesama pembalap pada awal sesi yang membuatnya harus keluar dari F1 Rusia.

Pebalap Manor Racing Rio Haryanto mengalami tabrakan dan tidak bisa melanjutkan lomba.

Pada lap pertama insiden yang melibatkan beberapa mobil membuat Sebastian Vettel, Hulkenberg, dan Rio Haryanto keluar lintasan.

"Nasib buruk bagi @RHaryantoracing. Dia dihantam oleh mobil yang berputar dan tidak bisa lanjut," kicau akun resmi Manor Racing.

"OMG, tidak bagus untuk Rio, tapi ini bukan salahnya, dia hanya kurang beruntung. Sabar Rio, kami selalu mendukungmu," kata satu pengguna Twitter.

Pebalap Ferrari Sebastian Vettel yang ditabrak oleh Daniil Kvyat dari Red Bull dan terpaksa keluar dari lintasan cukup kesal dengan insiden di lap pertama ini.

"Ini bukan salah saya, tidak ada hal yang saya lakukan berbeda."

"Saya tidak membencinya (Kvyat). Saya pikir dia melakukan kesalahan dua pekan lalu dan saya pikir dia melakukan kesalahan (lagi) hari ini."

Sebelumnya Rio Haryanto dalam sebuah pernyataan kepada wartawan mengatakan bahwa dia ingin melakukan start yang baik pada balap di Sochi ini.

"Targetnya adalah start yang baik, khususnya dengan panjangnya lintasan menuju tikungan pertama, dan kemudian mengekstrak potensi maksimum dari mobil. Sejumlah long run kami pada hari Jumat terlihat positif jadi dengan manajemen ban yang bagus, saya berharap dapat menjalani balapan yang solid."

Rio Perbaiki Posisi, Pascal Hancurkan Mobil

Pebalap Manor Racing Rio Haryanto tidak menyia-nyiakan waktu latihan bebas kedua yang berlangsung dalam kurun waktu 90 menit. Rio langsung tancap gas dan sempat mencatatkan waktu terbaik 1:41:683 detik pada 30 menit pertama, Jumat (29/4/2016).

Rekan satu tim Rio, Pascal Wehrlein sempat melintir keluar trek di tikungan kedua sirkuit Sochi pada sesi awal latihan kedua ini. Catatan waktu Pascal lebih lambat 0,339 detik dari catatan waktu Rio.

Virtual safety car keluar di menit ke 58. Mobil pebalap Ferrari, Sebastian Vettel mengalami masalah kelistrikan dan berhenti tepat di depan area pit stop. Meski demikian, ia mencatatkan waktu tercepat 1:38.235 detik sebelum digantikan oleh waktu Lewis Hamilton dengan waktu 1:37.583 detik.

Catatan waktu Rio semakin membaik dengan mencatatkan waktu 1:41:080 detik dan sempat menempati posisi ke 16 saat sesi latihan memasuki paruh 30 menit kedua.

Mobil Rio sempat keluar lintasan pada menit ke 50 pada tikungan ke 15. Namun ia dapat segera kembali ke lintasan untuk menyelesaikan sesi latihan.

Karakter sirkuit yang memiliki belokan cepat membuat beberapa pebalap tidak mampu mengendalikan moblinya. Selain Rio dan Pascal, Lewis Hamilton dan Romain Grossjean juga sempat kehilangan kendali di sesi latihan kedua ini.

Hingga akhir sesi latihan bebas kedua, catatan waktu terbaik Rio tetap di 1:41.080 detik dan menempati posisi 20. Hasil ini lebih baik dari catatan waktu sesi latihan bebas pertama yakni 1:42.687 detik.

Nasib sial menimpa Pascal yang mobilnya mengalami masalah kehilangan tenaga dan menabrak dinding pembatas di akhir sesi latihan bebas kedua. Catatan waktunya lebih lambat dari Rio yakni 1:41.148 dan membuatnya harus puas di posisi 21.