Pemkap Mamuju Berencana Terapkan Sistem Retribusi Parkir Secara Elektrik

Jakarta, GoSulbar.com -- Dinas Pendapatan Daerah (Bapenda) Mamuju berencana menerapkan sistem pembayaran retribusi parkir secara elektrik, di Anjungan Pantai Manakarra,  Pasar Sentral dan Pasar Regional  Mamuju.

Menurut Kepala Bapenda Mamuju, Rakhmat Tahir, sistem transaksi itu serupa kartu E-toll. Pengendara yang hendak parkir di lokasi umum tersebut, sisa menempelkan kartunya di portal masuk. "Warga bisa memperoleh kartu tersebut di bank BRI dan BPD Sulselbar. Sementara untuk mengisi saldo, warga bisa mendatangi kedua bank tersebut dan kantor pos," kata Rakhmat.

"Saat ini kami dan perbankan fokus menyusun pembayaran online dan pos untuk tunai. Setelah itu baru kami sasar dan mulai berlakukan sistem ini. Insya Allah kalau lancar, tahun ini mulai berlaku. Langkah awal tiga lokasi dulu," ujar Rakhmat, menambahkan, Jumat (16/3).

Ia menilai, pembayaran non tunai tersebut juga menjadi salah satu inovasi untuk mengantisipasi kebocoran Pendapatan Asli Daerah (PAD). Meski begitu, Rakhmat belum bisa memastikan sistem transaksi non tunai efektif atau tidak. Ia mengatakan, langkah itu merupakan salah satu berinovasi untuk menggenjot PAD, sekaligus menata peroleh tagihan berbasis Informasi Transaksi Elektronik (ITE).

"Kalau pun tidak efektif, setidaknya kebocorannya diminimalisir. Tapi saya yakin ini efektif, apalagi semua data transaksi tersedia dalam data base," jelasnya. Menurut Rakhmat, jika non tunai itu mulai berlaku, tentu akan ada warga yang suka. Bahkan mungkin ada yang menolak. Tapi menurutnya, itu hanya persoalan waktu saja. Lambat laun mereka akan terbiasa mengikuti kententuan tersebut.

"Tentu tidak bisa langsung diterima warga. Tapi saya yakin seiring waktu, warga akan menerima dan mengikuti. Seperti saat pemberlakukan E-toll," ujarnya lagi.Meski sudah ada rencana, Rakhmat belum melakukan koordinasi kepada Dinas Perhubungan (Dishub) Mamuju.Menurutnya, Bapenda Mamuju fokus meramu metode, lalu jika hendak diimplementasikan, barulah dilimpahkan ke Dishub sebagai OPD pelaksana.(mt/tt)

Sumber : tribun timur

 

 

 

No Response

Leave a reply "Pemkap Mamuju Berencana Terapkan Sistem Retribusi Parkir Secara Elektrik"