Menikmati Merapi di Ajang Merapi Internasional Ultra Marathon 2016

merapi460Sleman, GoSulbar.com -- Gunung Merapi punya banyak pemandangan indah yang membuatnya jadi obyek wisata menarik di Yogyakarta. Mei mendatang ada cara lain untuk menikmati Merapi, saat digelar Merapi Internasional Ultra Marathon 2016.

Merapi Internasional Ultra Marathon 2016 merupakan ajang lari ultra marathon yang digelar di wilayah Gunung Merapi. Event tersebut akan dihelat pada 5-8 Mei 2016. Pemilihan Gunung Merapi sebagai lokasi digelarnya event ini bukan tanpa alasan.

Selain sebagai sarana promosi wisata, ajang ini diharapkan juga menjadi kampanye untuk menggugah kecintaan masyarakat umum pada kelestarian alam. Total hadiah yang disediakan untuk event ini adalah Rp 100 juta. Dengan jumlah tersebutb diharapkan banyak pelari tertarik turut berpartisipasi.

"Kita tidak boleh kalah dengan event serupa di Bromo yang pesertanya datang dari 30 negara. Target kita lebih dari 30 negara peserta yang mendaftar. Dan biasanya event seperti ini hadiahnya cuma kaos atau souvenir lain tapi dari pihak KONI Sleman menyiapkan hadiah total 100 juta," ujar Ketua Jogja Sportindo, Feri Pribadi, sebagai EO penyelenggara.

Ada tiga kategori yang diperlombakan. Yang pertama adalah nomor putra dan putri nasional yang terdiri dari jarak 100 km, 50 km, 25 km dan 13 km. Berikutnya ada nomor putra/putri lokal DUY yang terdiri dari jarak 100 km, 50 km, 25 km, dan 13 km. Yang terakhir adalah putra/putri internasional dengan jarak yang sama.

Untuk nomor 100 km start balapan adalah pukul 00.00, untuk jarak 50 km start pukul 17.00, jarak 25 km start pukul 17.30 dan jarak 13 km start pukul 18.00. Merapi Internasional Ultra Marathon diharapkan menjadi daya tarik bagi penggemar lari jarak jauh dan lintas alam di Indonesia dan mancanegara untuk.

Menempuh rute dari Sleman sampai ke Kaliurang, peserta akan merasakan lintasan yang cukup menantang dengan kontur jalur berbukit dan berkelok-kelok. Lokasi start dan finis adalah di Tlogo Putri, Kaliurang. Selain lari, Merapi Internasional Ultra Marathon 2016 juga akan menggelar beberapa kegiatan pendukung.

Di antaranya adalah lomba masak, lomba senam dan sorak antar SMU, lomba mewarnai, lomba fotografi, dan kostum unik.

"Pemerintah Kabupaten Sleman siap memberikan dukungan penuh pada event Merapi Internasional Ultra Marathon 2016 ini dan berharap dukungan dari kawan-kawan jurnalis, komunitas lari dan masyarakat Sleman dan Yogyakarta," ujar Ketua KONI Sleman, Pramono.

Tags: