‘Lulus Kuliah IT Jangan Sombong, Ilmunya Masih Dasar’

CTO Bukalapak Nugroho Herucahyono1JAKARTA, GoSulbar.com ~ Berhasil lulus dari perjuangan kuliah selama 4 tahun atau lebih memang memberikan kebanggaan tersendiri. Namun bukan berarti boleh sombong, karena menurut salah satu bos Bukalapak, ilmu yang diperoleh di kampus baru dasarnya saja.

"Pembelajaran sesungguhnya baru dimulai ketika memasuki dunia kerja. Jadi jangan karena sudah lulus, ilmu yang didapat di bangku kuliah sudah cukup. Itu baru dasarnya dan berbeda sekali saat di dunia kerja," kata Chief Technology Officer Bukalapak Nugroho Herucahyono, di kantor Bukalapak, Kemang, Jakarta Selatan, Selasa (2/2/2016).

Bukalapak sendiri baru saja menggelar kontes programming. Kontes ini mengajak calon tenaga IT yang masih berstatus mahasiswa untuk menunjukkan keterampilannya mengolah bahasa pemrograman.

Di samping itu, tujuan lain kontes ini adalah sebagai wadah untuk meningkatkan keterampilan calon tenaga IT ketika menghadapi dunia kerja.

Apalagi dengan pesatnya industri digital membuat kebutuhan akan tenaga IT juga meningkat. Namun itu semua tentu kembali ke skill SDM itu sendiri. Sekedar lulus kuliah dengan hasil baik belum menjamin kesuksesan di dunia kerja. Di sinilah perlunya pengembangan skill dari sumber lain di luar kampus.

"Kuliah itu kan hanya (sekitar) empat tahun. Waktu yang terasa singkat itu belum cukup. Oleh karenanya ilmu yang didapat (di kampus) sebenarnya masih dasarnya saja. Pengembangan skill bisa dilakukan di luar kampus. Paling gampang lewat internet, banyak yang bisa dipelajari," saran Nugroho.