Di Polewali Mandar, Pernikahan di Bawah Umur Heboh di Medsos

Jakarta, GoSulbar.com-- Acara pernikahan sepasang pemuda dan pemudi, Arlin Prama Aspar (17) dan Andini Pratiwi Ridwan (15), digelar dalam pesta adat yang meriah di Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Ribuan tamu undangan dan sanak keluarga dari kedua mempelai turut bersukacita memeriahkan pernikahan pasangan muda yang usianya terpaut dua tahun tersebut.

Seperti pernikahan masyarakat Mandar umumnya, pesta pernikahan Arlin dan Andini yang berlangsung empat hari lalu itu termasuk cukup meriah, serta tetap sakral dan khidmat. Dalam pesta adat dihadirkan sejumlah kesenian tradisonal, seperti Parawana dan Kalingdagdag atau seni pantun ala Mandar, yang mendapat perhatian warga setempat.

Saat ditemui di rumahnya, Arlin dan Dini (panggilan akrab Andini) masih tampak sibuk mengikuti ritual adat pernikahannya sebagai rangkaian pesta sejak hari Minggu lalu. Keduanya pun mengaku bahagia dan sepakat membangun bahtera rumah tangga meski harus menghadapi cibiran warga karena usia mereka yang masih muda, Kamis (30/11).

“Bahagia dan senang bisa melangsungkan pernikahan seperti pasangan lainnya. Insya Allah saya akan tetap melanjutkan sekolah,” tutur Arlin saat dijumpai di rumahnya. Sementara itu, Ridwan, ayahanda Dini, menganggap pernikahan anaknya sah secara hukum maupun secara agama dan adat. Meski masih tergolong usia anak, menurut Ridwan, itu bukanlah pelanggaran.

Bagi dia, uang mahar dan kemeriahan resepsi bukanlah jadi ukuran kesuksesan sebuah pesta pernikahan. Justru dia bertujuan untuk menyelamatkan anak dan menantunya dari berbagai fitnah, sesuai kesepakatan orang tua dari kedua belah pihak. (mt/kc)

Sumber :kompas.com

No Response

Leave a reply "Di Polewali Mandar, Pernikahan di Bawah Umur Heboh di Medsos"