Bukan Ikan Mas, Inilah Ikan yang Paling Sering Dipancing Masa Kecil

Ikan Sawah Jenis Kepala Tima (Foto: Fb Buttu)

Gosulbar.com -- Kami anak kampung dari Messawa, Mamasa, Sulawesi Barat. Hampir semuanya dari kami di masa kecil paling bahagia dijamannya. Tempat berwisata masih banyak, tempat bermain masih terbuka lebar, alamnya masih bersahabat, dan yang paling menyenangkan adalah memancing.

Kalau soal mancing ikan menjadi hal yang spesial bangat. Tapi yang dipancing bukanlah ikan mas atau yang lebih besar lainnya.

Alat pancing yang digunakan pun sangat sederhana, kalau mau tahu ini nihh.. Talinya diambil dari kelopak pisang kemudian diikat pada batangan kayu yang kecil.

Dan jangan salah umpannya pun bukan hal yang lumrah untuk dipegang anak jaman sekarang. Umpannya adalah cacing tanah yang digali dipinggir sawah, kemudian dikat dengan tali (terbuat dari irisan kelopak pisang) tadi.

Saya ingat betul walaupun panas terik matahari menghantam ubun-ubun, atau ibu dan bapak yang memanggil-manggil karena panas. Semuanya diabaikan, pokoknya kalau sudah mancing ikan yang kecil-kecil ini semua derita terhapuskan.

Dikampung saya ikan ini disebut 'Todi', entahhlah. Ikan jenis tersebut kesukaannya hidup bergerombol, ukuran dan warnahnya pun beragam. Sekilas saya paling senang dengan yang berwarnah agak kebiru-biruan.

Memancing ikan Todi saat masa kecil tidaklah rame jika hanya sendiri, saya biasanya mengajak atau diajak teman biar rame dan seru.

Usai dipancing ikan kecil-kecil ini biasa dibakar di tempat. Tinggal ambil korek, kemudian kumpulkan daun-daun bambu yang kering yang berjatuhan di pinggir sawah, lalu kumpulkan juga ranting-ranting kayu atau bambu yang kering. Nyalakan api, todi yang dipancing lalu dibakar.

Huff enaknya dimana? rasanya hambar, dibakar hangus pula .. hahaha .. maklum anak kecil.

Kalau sudah begini waktu pun hampir terlupakan, baru sadar tuh kalau ada orang tua teman yang datang mencari anaknya.

Apakah kalian pernah mengalaminya. Maklum kita anak kampung yang kerjaan orang tuanya cuma disawah ajah hehehe.

Kenali Ikan Ini Secara Ilmiah

Bagi Anda yang sering jalan-jalan ke sawah, ikan kepala timah ini mungkin bukan hal yang asing. Ikan kepala timah atau dalam bahasa latin disebut Aplocheilus panchax memang merupakan ikan yang biasa hidup di area persawahan. Ia kerap ditemui di kolam, dan saluran irigasi, kanal, reservoir atau bahkan di daerah mangrove. Ia lebih menyukai perairan berair jernih dengan tanaman terapung padat.