16 Jurnalis Lulus Uji Kompetensi AJI di Majene

Jakarta, GoSulbar.com-- Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia bekerja sama AJI Kota Mandar menggelar Uji Kompetensi Jurnalis (UKJ) selama dua hari, 2-3 Februari 2018. Kegiatan itu dihelat di Wisma Yumari, Kelurahan Labuang Utara, Kecamatan Banggae Timur, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat (Sulbar).

Awalnya, 26 jurnalis terdaftar sebagai peserta UKJ perdana yang digelar AJI Kota Mandar. Namun hanya 16 jurnalis yang mengikuti UKJ hingga selesai lantaran sejumlah peserta batal ikut dan sakit saat ujian berlangsung. Seluruh jurnalis dari AJI Kota Mandar, Sulbar, Manado, Sulawesi Utara (Sulut) dan AJI Kota Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng) diuji empat penguji dan tiga penguji magang.

Antara lain, Budisantoso Budiman, Uslimin, Thamzil Thahir dan Djufri Rachim. Sementara penguji magang di antaranya, Yoseph Ikanubun, Muannas dan Ishak Kurran.

Selama UKJ berlangsung, AJI Kota Mandar dibantu jurnalis kampus dari karakterunsulbar.com sebagai tim administrator. Ketua AJI Kota Mandar, Muhammad Ridwan Alimuddin mengatakan, pelaksanaan UKJ ini merupakan sejarah bagi AJI Kota Mandar. Sejak berdiri 9 Februari 2010, UKJ kali ini adalah yang perdana bagi AJI Kota Mandar.

"UKJ ini digelar agar semua anggota kami berkompeten. Ini tuntutan bahwa jurnalis harus profesional dalam bekerja sebagai salah satu bahan uji dalam UKJ," kata Ridwan, Minggu (4/2).

 

Seluruh peserta UKJ menerima sertifikat UKJ dari AJI Indonesia setelah ikuti UKJ. Hasil UKJ tersebut akan dikirim ke Dewan Pers sebagai finalisasi dari hasil ujian yang diikuti belasan jurnalis tersebut. (mt/tt)

Sumber : Tribun timur

 
No Response

Leave a reply "16 Jurnalis Lulus Uji Kompetensi AJI di Majene"