Siapa dibalik Akun ‘Sary R’ Penghina Tradisi Rambu Solo Khas Toraja

Cuitan Sary R diakun Fbnya yang merendahkan

Jakarta, Gosulbar.com -- Masyarakat Toraja dan Mamasa merupakan orang yang menjunjung tinggi keluhuran warisan budaya. Tak terkecuali soal upacara kematian atau lebih dikenal dengan Upacara Rambu Solo'

Upacara ini hanya ada di Daerah Toraja dan Toraja Barat. Dalam pelaksanaannya ribuan orang akan hadir memeriahkan. Bahkan pelaksanaan upacara Rambu Solo bisa menghabiskan uang hingga miliaran rupiah. Ini menandakan betapa tradisi luhur ini begitu dijunjung tinggi.

Namun apa jadinya jika ada yang menghina tradisi ini? Tentu saja menyulut emosi dan membuat masyarakat Toraja marah dan merasa dilecehkan.

Baca Juga:

Video Peti Jenazah Jatuh Saat Prosesi Adat Rambu Solo di Toraja

Salah satunya yang terbaru, cuitan dari pengguna media sosial facebook @Sary R, dalam postingannya melogikakan Jenazah yang diupacarai tersebut telah diawetkan terlebih dahulu layaknya ikan asin atau makanan kaleng.

"dari yang gua denger didaerah ini ada sebuah tradisi/upacara kematian , atau di sebut tradisi rambu solo , logikanya jasad yang tidak bernyawa diawetkan layak nya , ikan asin atau makanan kaleng , dan di dalam upacara ini hrus ada tradisi memotong kerbau dengan cara di bantai" tulisnya.

Sary R mengaku pernah turut dalam upacara sakral tersebut, namun ia justru menyebutnya tradisi tersebut merupakan yang paling tolol.

Tulisan lengkapnya seperti berikut

"dari yang gua denger didaerah ini ada sebuah tradisi/upacara kematian , atau di sebut tradisi rambu solo , logikanya jasad yang tidak bernyawa diawetkan layak nya , ikan asin atau makanan kaleng , dan di dalam upacara ini hrus ada tradisi memotong kerbau dengan cara di bantai , aq pernah mengikuti tradisi ini tapi setelah gua tau tradisi ini adalah tradisi adat tertolol , jadi aq gk mau kenal lagi , mana ada adat yang bagus bisa membuat orang tewas tertimpa peti mati, adat apa itu 😝
Saran saya bikin adat jangan aneh2 ,
Gak suka dengan postingan gua jangan komentar ya , di baca aja"

Sontak pengguna media sosial Facebook lainnya menyerbu postingannya, terakhir hingga berita ini diturunkan, postingan tersebut sudah dikomentari hingga 3.289, mendapat respon hingga 988 dan dibagikan hingga 1.168 kali.