PKPI dan PBB Dinyatakan Lolos Verifikasi Faktual Pemilu 2019

PKPI Lolos VerifikasiJakarta, GoSulbar.com -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) secara resmi telah mengumumkan hasil verifikasi ulang terhadap sembilan partai politik. Hasilnya dua Partai dinyatakan lolos tahap verifikasi yakni Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) dan Partai Bulan Bintang (PBB) sementara itu tujuh partai lainnya dinyatakan gugur.

"Dua parpol yang lolos (untuk) mengikuti verifikasi faktual yaitu, partai bulan bintang (PBB), dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI)," kata Komisioner KPU Hasyim Asy'ari di gedung KPU, Jakarta Pusat, Minggu (24/12/2017).

Adapun, tujuh parpol yang gagal lolos verifikasi administrasi yakni, Partai Idaman, Partai Bhinneka Indonesia, Partai Pengusaha dan Pekerja Indonesia, Partai Republik, Partai Rakyat, Partai Swara Rakyat Indonesia, serta Partai Indonesia Kerja.

Hasyim mengungkap penyebab tujuh partai lain tidak lolos verifikasi administrasi. Pertama, mereka tidak memenuhi syarat dokumen yang diminta KPU.

Penyebab lain, lanjut dia, tujuh partai itu tidak memenuhi syarat dari hasil penelitian administrasi.

"Itulah dua kemungkinan yang (menyebabkan) tujuh parpol tersebut tidak lolos. Dan langsung tidak lolos ke tahapan verifikasi faktual. Untuk kesempatan tujuh parpol menggugat itu urusan Bawaslu," terang Hasyim. (bn)