Pemprov Sulbar Ismail Zainuddin Harap SKP Mamuju Bangun Sinergi Dengan Pemerintah Daerah

Jakarta,  GoSulbar.com -- Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulbar, Ismail Zainuddin, menuturkan keberadaan Stasiun Karantina Pertanian (SKP) Kelas II Mamuju dinilai kurang membangun sinergi dengan pemerintah daerah.

Hal itu disampaikan Ismail Zanuddin, saat menghadiri rapat strategis Stasiun Karantina Pertanian (SKP) kelas II Mamuju, di ruang rapat lantai III Kantor Gubernur, Jl. Abd Malik Pattana Endeng, Kelurahan Rangas, Simboro, Mamuju. “Karang tinapertanian  ini sangat penting. Hanya saja selama ini sinergi dengan pemerintah daerah terutama dengan sektor yang terkait belum maksimal," kata Ismail.

Olehnya, melalui kesempatan itu, kata Ismail, berharap sinergikan dan persamaan titik simpul dapat terbangun dapat bergerak lebih baik dalam mewujudkan swasembada pangan sebagaimana tema yang didorong, Rabu (28/2).

Kepala SKP kelas II Mamuju, Akhmad Alfarabi mengatakan , dalam rangka mendorong peran serta masyarakat khususnya masyarakat  Sulbar, maka perlu dilakukan sinergisitas dengan instansi terkait yang ada, salah satunya dengan pemerintah daerah Provinsi Sulbr. Menyinggung tupoksi SKP kelas II Mamuju, Ia menyampaikan, SKP memiliki tupoksi dalam mencegah masuk, tersebar dan keluarnya hama penyakit hewan, tumbuhan dari dan ke wilayah Provinsi Sulawesi Barat.

"Karantina bukan hanya urusan cegah tangkal hama penyakit, namun dewasa ini karantina punya peran lebih dalam perdagangan bebas," kata Akhmad.

Dijelaskan, dengan tingginya perdagangan bebas dan globalisasi saat ini, membawa dampak negatif yang lain seperti munculnya bioterorisme.

“Bioterorisme ini merupakan senjata yang ampuh untuk menghancurkan suatu negara tanpa perang menggunakan senjata api dan sebagainya, cukup memasukkan hama dan penyakit dari suatu negara ke negara lain dengan memanfaatkan virus," ungkapnya. (mt/tt)

Sumber : tribun timur

No Response

Leave a reply "Pemprov Sulbar Ismail Zainuddin Harap SKP Mamuju Bangun Sinergi Dengan Pemerintah Daerah"