Jadi Tersangka, Idrus Marham Mundur dan Digantikan Agus Gumiwang

Idrus Marham Mengundurkan diri dari Jabatan Menteri Sosial Kabinet Kerja

Jakarta, Gosulbar.com -- Hanya beberapa bulan Idrus Marham bertugas sebagai Menteri Sosial dalam Kabinet Kerja. Idrus selanjutnya harus menelan pil pahit ketika Komisi anti rasuah menetapkannya sebagai tersangka kasus korupsi.

Penggantinya adalah Agus Gumiwang, sosok yang satu ini bukan lagi orang baru dalam dunia politik. Nama Agus Gumiwang sempat disebut-sebut masuk dalam bursa Calon Ketua DPR RI. Ketika itu ketua DPR Setya Novanto mundur lantaran tersangkut kasus korupsi.

Namun, Agus tidak sampai ke kursi ketua. Sosok yang dipilih Partai Golkar untuk menjadi ketua DPR ialah Bambang Soesatyo.

Airlangga merinci alasannya memilih Bamsoet. Menurutnya, DPR butuh sosok ketua yang mampu meningkatkan citra kelembagaan dan mendapat kepercayaan masyarakat. Dia juga ingin Ketua DPR yang baru dapat mencerminkan efektivitas dan produktivitas kerja serta berwibawa dan bermanfaat di mata publik.

Semua pertimbangan di atas, disebut Airlangga, dibawa ke dalam pembahasan internal Golkar. Menteri Perindustrian itu mengatakan nama Bamsoet juga telah dibahas di tingkat Dewan Pembina, Dewan Kehormatan, dan Dewan Pakar dari Partai Golkar serta dirapatkan di tingkat Korbid DPP.

"Sesudah diadakan komunikasi dalam lingkungan strategis dan lingkungan politik, Bambang Soesatyo-lah yang ditetapkan untuk mengisi jabatan lowong Ketua DPR RI," ucap Airlangga.

"Pak Bambang Soesatyo mempunyai pengalaman panjang dalam proses politik di DPR sehingga tentunya telah memahami hakikat sistem dan fungsi kelembagaan DPR. Bambang Soesatyo juga mempunyai konseptual yang baik, memiliki ide dan gagasan," sambungnya.

Gagal Jadi Ketua DPR RI, Agus Gumiwang Dilantik Sebagai Mensos

Jumat (24/8) Agus Gumiwang resmi dilantik menjadi Menteri Sosial. Pemberitahuan itupun hanya disampaikan Airlangga via pembicaraan telepon.

"Ditelepon ketum saya, Pak Airlangga, menyampaikan untuk saya siap-siap," kata Agus usai pelantikan di Istana Negara, Jumat (24/8).

Agus dilantik dengan Keppres Nomor 148/P Tahun 2018 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Sosial Kabinet Kerja sisa masa jabatan 2014-2019 yang ditetapkan oleh Jokowi di Jakarta, Jumat, 24 Agustus 2018.

Agus resmi dilantik menjadi Menteri Sosial oleh Presiden Joko Widodo. Agus menggantikan Idrus Marham, yang mundur setelah tersangkut persoalan dugaan korupsi PLTU Riau-1 yang ditangani KPK.

Jabatan Agus Gumiwang di Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf Amin juga diganti Golkar. Presiden Jokowi menegaskan Agus harus mengutamakan tugasnya sebagai Menteri Sosial. Jokowi sendiri mengaku keputusan Agus Gumiwang diangkat sebagai Menteri Sosial diambil dalam waktu yang sangat cepat. Dia juga tidak paham betul susunan pengurus TKN.

Sebelumnya Idrus Marham Mengundurukan Diri

Alasan Idrus mengundurkan diri dari jabatan Mensos karena ingin fokus terkait kasus korupsi PLTU Riau-1 yang ditangani oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Ia juga mengaku sudah menerima surat penetapan sebagai tersangka dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Kamis (23/8).

"Kemarin sudah pemberitahuan penyidikan, pasti statusnya sudah tersangka," kata Idrus kepada wartawan di Istana Negara, Jumat (24/8).

Agus Gumiwang dilantik berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 148p Tahun 2018 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Sosial dalam Sisa Masa Jabatan Tahun 2014-2019.

Dalam Kepres tersebut, telah memberhentikan Idrus Marham sebagai Menteri Sosial Kabinet Kerja dalam sisa masa jabatan 2014-2019 disertai ucapan terima kasih atas pengabdian kebada bangsa dan negara selama memangku jabatan tersebut.