Djarot Akan Dilantik Sebagai Gubernur DKI

No comment 290 views
Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok (Foto: CNNIndonesia)

Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok (Foto: CNNIndonesia)

Jakarta, GoSulbar -- Djarot akan segera dilantik sebagai Gubernur DKI Jakarta menggantikan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang sebelumnya telah menuliskan surat pengunduran dirinya ke Presiden Joko Widodo.

Rencana pelantikan Djaron ini diutarakan oleh Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo. Dengan naiknya Djarot maka kursi wakil gubernur akan kosong hingga akhir periode ini. Sebab sisa waktu yang ada sangat singkat dan tidak dimungkinkan untuk meminta usulan wakil gubernur.

"(Wakil gubernur) Kosong sampai Oktober," kata Tjahjo di Kompleks Parlemen, Senayan, Rabu, 24 Mei 2017.

Baca Juga:

Ahok Tulis Pengunduran Diri ke Presiden Jokowi
Pengacara: Ahok Batal Mengajukan Banding
Veronica Menangis Bacakan Surat Ahok untuk Pendukungnya

Namun, Tjahjo mengaku dirinya belum menerima surat pengunduran diri dari Basuki alias Ahok. "Saya belum terima," ujarnya singkat.

Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ini berujar dirinya juga menunggu sikap Jaksa Penuntut Umum perkara Ahok apakah tetap mengajukan banding atau tidak. "Kemudian tinggal tunggu kejagung, itu aja," tuturnya.

Ahok divonis dua tahun penjara oleh Pengadilan Negeri Jakarta Utara pada 9 Mei 2017. Vonis ini lebih berat dari tuntutan JPU yang menuntutnya satu tahun penjara dan masa percobaan dua tahun.

Menyikapi vonis hakim tersebut, baik Ahok dan JPU menyatakan akan mengajukan banding. Namun, belakangan Ahok memutuskan untuk mencabut bandingnya.

Tjahjo menuturkan dengan sikap Ahok yang mencabut bandingnya menandakan bahwa ia sudah menerima kesalahannya. Permasalahannya pun telah berkekuatan hukum tetap. (bn/Tempo.co)