Berapa Cadangan Emas yang Tersisa di Freeport Hingga Saat ini?

Berapa Cadangan Emas yang Tersisa di Freeport?

Berapa Cadangan Emas yang Tersisa di Freeport? (Foto: Antara)

Berapa cadangan emas yang tersisa di tambang Emas Freeport Papua? Pertanyaan ini mungkin saja pernah terbersit dalam benak Anda. Kami akan mengulas topik ini, dengan kaitannya soal dikuasainya 51 persen saham Freeport oleh pemerintah.

Gunung yang ditambang Freeport memang nampak terlihat sudah hancur, tapi ternyata sisa bahan mineral tambang yang masih ada saat ini masih lebih dari 50 persennya.

Tambang emas Freeport tepatnya berada di Grasberg dan mulai diekspansi atau dieksplorasi oleh pihak Amerika sejak tahun 1991 atau tepatnya 26 tahun silam.

SVP Geo Engineering PT Freeport Indonesia, Wahyu Sunyoto mengatakan besaran mineral mentah dan emas yang ada di Tambang Grasberg mencapai 3,8 miliar ton, dan hingga saat ini sudah sebanyak 1,7 miliar ton telah dikeruk oleh Freeport. Dengan kata lain sisanya masih setara dengan 2,1 miliar ton.

"Sampai hari ini, Freeport sudah menambang 1,7 miliar ton. Yang tersisa sampai 2041 adalah 2,1 miliar ton," kata Wahyu Sunyoto, Senin 20 Maret 2017 silam.

Wahyu menerangkan cadangan emas di Freeport baru akan habis dikeruk pada tahun 2054. Cadangan emas dan tembaga yang ada di Grasberg sendiri merupakan yang terbesar di dunia.

Sulitnya Eksplorasi

Wahyu menjelaskan meski masih memiliki cadangan emas dan tembaga yang begitu berlimpah, namun tetap saja perlu 'dicamkan' bahwa tidak mudah untuk mengambil atau mengeksplorasi emas di gunung Grasberg tersebut. Dibutuhkan waktu, tenaga, peralatan dan terknologi yang memadai serta jumlah pekerja yang besar.

Untuk diketahui pemerintah Indonesia telah menyelesaikan perundingan dan negosiasi dengan Freeport. Hasilnya jelas Pemerintah Indonesia 'memenangi perundingan' dan Freeport menyatakan rela sahamnya sebesar 51 persen diambil alih oleh Indonesia.

Hal ini ditegaskan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo yang menyayangkan betapa selama ini Indonesia hanya mendapat jatah yang begitu kecil yakni hanya 9 persen dari semua saham Freeport Indonesia.

Semangan membangun Bangsa. (bn/dt)