Ahok Tulis Pengunduran Diri ke Presiden Jokowi

Ahok Tulis Pengunduran Diri ke Presiden Jokowi

Ahok Tulis Pengunduran Diri ke Presiden Jokowi

Jakarta, GoSulbar -- Setelah sebelumnya menyatakan mencabut banding di pengadilan, Ahok juga menyatakan mengundurkan diri sebagai Gubernur DKI Jakarta. Surat tersebut ditulis pada tanggal 23 Mei 2017.

Bila surat pengunduran diri Ahok disetujui oleh Presiden Jokowi, maka Plt Gubernur DKI, Djarot Saiful Hidayat akan diproses pengusulan kepada Presiden untuk didefinitifkan sebagai Gubernur DKI pascapencabutan banding dan pengunduran diri Ahok.

"Sambil menunggu surat resmi dari Pengadilan Tinggi terkait dengan pengunduran diri ini. Prinsip, bila sudah incracht atau tak ada upaya hukum lain, ya SK pemberhentian tetap diproses," ujarnya.

Sumarsono menargetkan proses administrasi pemberhentian Ahok dapat rampung pekan depan. Sehingga Djarot bisa dilantik menjadi Gubernur definitif DKI. Untuk Wakil Gubernur (Wagub) tetap kosong karena kurang dari 18 bulan.

"Ya, menunggu saja untuk Pak Djarot sebagai gubernur definitif. Semoga minggu depan bisa diselesaikan administrasinya untuk diajukan Pak Mendagri ke Pak Presiden. Jabatan Wagub yang kosong tidak diisi karena kurang dari 18 bulan," jelasnya.

Menurut, Wakil Ketua Koordinator Bidang Pengabdian Masyarakat dan Kebijakan Publik Dewan Pimpinan Daerah Partai Golkar DKI Jakarta, Bambang Waluyo Djojohadikusumo, surat pernyataan mundur sudah ditandatangani Ahok.

Veronica Menangis Bacakan Surat Ahok untuk Pendukungnya

Pengacara: Ahok Batal Mengajukan Banding

Presiden Jokowi: Negara Pancasila itu Sudah Final

“BTP juga sudah menandatangani surat pernyataan mengundurkan diri dari jabatan Gubernur DKI,” ujarnya saat dihubungi, Rabu (24/5/2017).

Bambang yang menjenguk Ahok di tahanan Mako Brimob, Selasa (23/5/2017) kemarin mengatakan sempat mendiskusikan hal tersebut. Menurut Bambang, keputusan tersebut diambil Ahok demi kepentingan DKI Jakarta.

“Kami diskusi kemarin dari Ashar sampai Maghrib. BTP tetap tegar, kuat dan seperti yang sudah-sudah. Dia tetap mengedepankan kepentingan masyarakat DKI,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Bambang mengatakan, seyelah surat pengunduran Ahok dikirim, maka Djarot akan segera dilantik sebagai Gubernur DKI Jakarta definitif menggantikan Ahok. “Maka dengan demikian Djarot akan segera dilantik sebagai Gubernur DKI definitif,” tutup Bambang. (bn/bs)