Sidang Kasus Tipikor APBD Sulbar akan Digelar di Mamuju

Jakarta, GoSulbar.com-- Gelaran persidangan kasus korupsi korupsi penyimpangan dana aspirasi, Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Sulbar, tahun 2015-2016, akan berlangsung di Pengadilan Tipikor Sulbar di Kota Mamuju.

Pemindahan tempat sidang yang sebelumnya direncanakan berlangsung di Pengadilan Tipikor Makassar ini mempertimbangkan sejumlah hal. Diantaranya, efisien dan efektivitas pelaksanaan sidang.

Pasalnya, hampir semua saksi yang akan memberi keterangan di hadapan majelis hakim yang menyidangkan perkara berasal atau ber KTP Sulbar, sehingga agar waktu efisien mengingat perjalanan Makassar-Mamuju membutuhkan paling sedikit 8 jam, maka persidangan dipindahkan ke sana.

Karena persidangan dipindahkan maka menurut Azis, para terdakwa yang kini masih berstatus tersangka juga sebaiknya dipindahkan ke daerahnya ataukah diberi status tahanan kota. “Sekali lagi kami berharap agar pengalihan status penahanan ini dapat diberikan kepada para tersangka,” jelas Dia, Jumat (12/1).

Humas Pengadilan Tipikor Makassar, Bambang Nur Cahyono mengatakan, keputusan menggelar sidang di Sulbar lantaran lokus kejadian berada di wilayah tersebut.Sementara sejumlah saksi serta alat bukti lainnya juga berada di Mamuju. Gelaran sidang Tipikor di provinsi Sulbar kata Bambang juga memungkinkan sebab di sana telah berdiri Pengadilan Tipikor Mamuju.“Mungkin faktor efisiensi. Karena kan kalau digelar disini, sementara saksi-saksi dari Sulbar yang perjalannya memakan waktu sehari, cukup repot juga,” tukas Bambang. (mt/sc)

Sumber : Sindow.news.com

No Response

Leave a reply "Sidang Kasus Tipikor APBD Sulbar akan Digelar di Mamuju"