Hari Menanam Nasional, Wagub Sulbar Ajak Masyarakat Tanam Pohon

Mamuju, GoSulbar.com -- Wakil Gubernur Sulawesi Barat (wagub Sulbar) Enny Anggraeny Anwar mengajak masyarakat agar mengikuti program pemerintah pusat untuk menanam 25 pohon per orang selama hidupnya.

"Saya mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama menanam pohon bagi kepentingan anak cucu kita, sehingga bisa mendapatkan lingkungan yang sejuk, bersih dan sehat," kata Enny Bulan

Menanam Nasional (BMN) 2017 di Provinsi Sulbar yang dirangkaikan peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) yang dilaksanakan di pelataran kampus Universitas Tomakaka (Unika) di Kecamatan Kalukku, Desa Tadui, Kabupaten Mamuju, Rabu.

Wagub Sulbar yang pada kesempatan itu membacakan sambutan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengatakan, agar tidak terjadi bencana longsor dan banjir, diharapkan semua pihak dapat menjaga lahan yang berfungsi lindung dan penggunaannya tepat seperti hutan, sempadan sungai dan danau, daerah sekitar mata air, daerah rawan bencana, lahan yang mempunyai kelerengan di atas 40 persen dan kawasan pantai berhutan bakau dengan melakukan penanaman pohon yang mampu menyerap air.

"Pencanangannya dimulai hari ini sampai 20 Januari 2018, mudah-mudahan selama satu bulan itu akan terus kita dorong sebagaimana yang diinginkan pemerintah pusat yaitu dengan menanam 25 pohon perorang selama hidupnya," terang Enny.

Sebagai pemerintah tambahnya, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, telah mendukung langkah itu dengan menyediakan bibit produktif yang semuanya dapat diperoleh secara gratis.

Sementara itu, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sulbar Fachruddin mengatakan, tujuan kegiatan itu sebagai sarana peningkatan kesadaran, kepedulian, kemampuan serta kemandirian seluruh komponen bangsa akan pentingnya menanam dan memelihara pohon.

"Ini juga dilakukan untuk percepatan penambahan tutupan lahan dan hutan guna mencegah bencana longsor dan banjir pada musim penghujan, menyerap karbon serta penyediaan bahan baku industri pangan dan energi baru terbarukan," kata Fahruddin.

Pada kesempatan itu dia juga menyampaikan bahwa Dinas Kehutanan telah melakukan program penanaman pohon 25 batang per orang di lingkungan Botteng serta penanaman 1.500 batang pohon di kompleks perbukitan belakang Kantor Gubernur Sulbar.

Pada kegiatan itu, Wagub Sulbar Enny Anggraeny Anwar menyerahkan piagam kepada tiga Kabupaten sebagai pemenang lomba penanaman dan pemeliharaan pohon tahun 2016, yaitu Juara I Kabupaten Polewali Mandar, Juara II Kabupaten Mamuju dan Juara III kabupaten Mamuju Utara.

Setelah itu dilanjutkan penyerahan pigura prangko tanam dan pemelihara 25 pohon selama hidup kepada pemerintah kabupaten se-Sulbar dan penyerahan bibit kepada Universitas Tomakaka, Kanwil Agama Kabupaten Mamuju Tengah, SMK Tomakaka, Kelompok Tani Darat Cinta tani, Kelompok Tani Mangrove Pesisir Nusantara, Kelompok Pecinta Alam Kapak serta penanaman pohon secara serentak dan terakhir melakukan peninjauan stan pameran Taman Nasional Gandang Dewata. (ea/an)

Sumber:antaranews