20 Kelompok Tani Rumput Laut di Mamuju Dapatkan 48 Ton Bibit Rumput Laut

Jakarta, GoSulbar.com-- Sebanyak 20 kelompok tani rumput laut di Kecamatan Mamuju dan Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju, Sulbar, mendapatkan 48 ton bibit rumput laut dari Dinas Kelautan dan Perikanan Mamuju.

Penyerahan bantuan bibit rumput laut tersebut, berlangsung di Desa Tadui, Kecamatan Mamuju, diserahkan langsung oleh Bupati Mamuju H. Habsi Wahid didampingi Kepalad Dinas Kelautan dan Perikanan Sanusi. Penyerahan bantuan bibit rumput laut, dirangkaikan dengan panen raya rumput laut, dihadiri oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sulbar Dadal Angkoro.

Bupati Mamuju, H. Habsi Wahid mengakui pemberian bantuan tersebut sebab dinilai prospek budidaya rumput laut di Mamuju sangat menjanjikan bagi para petani. Tinggal bagaimana membuat program yang terpadu antara keterampilan petani dan bantuan sarana dan prasarana. "Hari ini, kita sengaja mengundang pihak BI agar dapat mengenali potensi rumput laut di Mamuju, yang tentunya masih perlu dikembangkan dan memerlukan bantuan pendanaan," ujar mantan Sekda Mamuju itu.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, H. Lukman Sanusi menyebut, terdapat kurang lebih 3.276 Ha luas potensi pertanin rumput laut yang tersebar di Kabupaten Mamuju dan dari angka tersebut yang sudah dikelola baru kisaran 440 Ha."Usaha budidaya rumput laut sangat layak. Jika dikalkulasi, rata-rata perkelompok memproduksi 20 Ton per hektar dalam 45 hari, sedangkan harga terrendah rumput laut perkilo Rp. 2.000,- sehingga rata-rata pendapatan dalam satu kali panen sebesar Rp. 2.500.000 ,- per rumah tangga," jelasnya.

“Panen raya dan penyerahan bibit ini diharapkan menjadi motivasi dalam peningkatan produksi rumput laut. Ini juga sekaligus mempromosikan kepada investor tentang kawasan produksi dan pengolahan rumput laut. Di mamuju masih ada sekitar 2.000 hektar lebih kawasan yang belum dikembangkan, inilah harapan kita agar kedepannya bisa dimanfaatkan.” tutur Lukman Sanusi, Rabu (1/11). (mt/tt)

Sumber : Tribun Timur

Tags: