Mengintip Pesona Mamasa Sulawesi Barat yang Tiada Habisnya

Mamasa, GoSulbar.com -- Sebelumnya saya pernah mengulas keindahan dari Polewali Mandar yang saya tulis dengan judul "Mengintip Pesona Polewali Mandar Sulawesi Barat". Ketertarikan saya mengulas sejumlah tempat wisata di Sulawesi Barat (Sulbar) didorong oleh kesadaran bahwa Sulbar menyediakan sejumlah karya alam yang menarik untuk dikunjungi.

Jika di ulasan Pesona Mandar, kami memunculkan dengan video tampilan pinggiran pantai yang dikelilingi pohon kelapa. Maka akan berbeda pula dengan Mamasa yang semua wilayahnya dikelilingi oleh pegunungan dengan pepohonan yang menghijauh.

Pesona Mamasa, memantik hasrat para pelancong untuk mengunjunginya. Secara infrastruktur, Kabupaten Mamasa saat ini sudah bisa dilalui melalui jalur darat dan udara. Meski demikian belakangan ada kabar bahwa jalur udara mengalami kendala soal penerbangan yang semakin jarang atau bahkan hampir tidak difungsikan lagi.

Memang tidak ada penjelasan rinci mengapa demikian. Akan tetapi, saya sarankan jika ingin berwisata ke Mamasa, akan lebih baik jika melalui jalur darat. Hal ini bisa menambah nuansa kepuasan Anda dalam berwisata.

Kabupaten yang juga dijuluki Kondosapata ini merupakan satu-satunya kabupaten yang berbatasan langsung dengan Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Sehingga tidak heran apabila sering dijuluki Toraja Barat.

Secara kebudayaan baik Mamasa maupun Toraja memiliki kesamaan-kesamaan dalam banyak hal. Ini dikarenakan tali persaudaraaan masih sangat dekat. Misalnya saja, jika di Toraja ada Tongkonan maka, di Mamasa pun ada.

Bersambung