Hindu Alukta Gelar Ritual Massuruk Padang di Desa Sasakan dan Sibanawa

Upacara Massuruk Padang di Desa Sasakan 9 November 2018

Sumarorong, Gosulbar.com -- Ratusan umat Hindu Alukta memadati tempat dilaksanakannya ritual Massuruk Padang yang dilaksanakan di Puncak Desa Sasakan, Kecamatan Sumarorong, Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat pada Jumat, (9/11/2018).

Maraya, seorang tokoh umat Hindu di Mamasa mengatakan, ritual ini digelar dalam rangka memohon kepada Puang Matua (Tuhan) agar senantiasa terbebas dari mara bahaya yang mengancam. Secara khusus bencana Gempa Bumi yang selama sepekan terakhir terus mengguncang Mamasa.

"(Ritual) istilahnya disini massuruk Padang, memohon kepada pencipta pemelihara agar kita terhindar masalah yg mengancam" kata Maraya saat dihubungi Gosulbar via sambungan telepon.

Disebutkannya, ritual tersebut digelar di dua tempat terpisah yakni di Puncak Desa Sasakan dan di Puncak Desa Sibanawa.

"Lokasi puncak Desa Sibanawa dan puncak Desa Sasakan" lanjutnya.

Umat Aluk Todolo yang hadir di Desa Sasakan pada ritual ini disebutkan mencapai dua ratusan lebih.

Adapun untuk sarana yang digunakan pada ritual ini untuk di Desa Sasakan disebutkannya, seekor babi belang dan sepuluh ekor ayam.

"Upacaranya dipandu oleh Rohaniawan Alukta namanya Lembang, orang tua kita di Sasakan" pungkas Maraya.

Seperti diketahui Kabupaten Mamasa beberapa waktu terakhir tengah dilanda gempa dengan kekuatan yang beragam, dilaksanakannya upacara ini diharapkan bisa menetralisir segala bentuk kesalahan-kesalahan umat manusia menurut pandangan Aluk Todolo. (bn)