Gempa 4 SR Guncang Mamasa Terasa Hingga Toraja

Gempa Guncang Mamasa

Gempa Guncang Mamasa

Jakarta, GoSulbar -- Semalam sekitar pukul 01:05:27 Wita telah terjadi gempa magnetik dengan kekuatan 4 SR di Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat.

Hal ini disampaikan Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Bandara Pongtiku Tana Toraja, Agung Sudiono. "Iya ada gempa pada lokasi 23 kilometer arah tenggara dari ibu Kota Mamasa Sulbar, dengan kekuatan 4 skala richter," kata Agung Sudiono, seperti dilansir Tribun Timur, Jumat (26/5).

Gempa tersebut memiliki titik koordinat pada 3,04 lintang selatan dan 119,49 bujur timur, dengan kedalaman 31 kilometer dari permukaan air laut. Peta tingkat guncangan BMKG menunjukan bahwa dampak gempa bumi berupa guncangan lemah dirasakan di daerah Toraja dalam skala intensitas I SIG BMKG atau (II MMI).

"Masyarakat dihimbau agar tetap tenang, dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG," ujar Agung.

Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi ini merupakan gempa bumi menengah akibat aktivitas patahan Matano-segment geresa dengan pergerakan sinistral atau mengiri. "Gempa susulan bisa setiap saat terjadi," kata Agung. (bn/TribunNews)