10 Kelebihan Mamasa dari Daerah Lainnya yang Wajib Kamu Ketahui

Potret Alam Mamasa yang Masih Asri

Seorang pria berkaos putih dari kejauhan tampak sedang sibuk merapikan jalanya di pinggiran sungai Mamasa. Dia akrap disapa 'Pua' Janggot' (Paman berjanggot). Hari ini ia dan seorang putranya sedang menikmati libur akhir pekan setelah hampir seminggu ia bergelut dengan mendidik anak-anak sekolahnya.

Pua' Janggot merupakan seorang guru honorer, ia tinggal di Dusun Sikuku', Desa Rippung, Kecamatan Messawa, Mamasa. Kepada kami ia berkata "ikan di sungai Mamasa sudah sulit ditemukan, padahal dulunya sekali lempar jala bisa dapat dua sampai lima ekor" katanya saat kami jumpai di rumahnya.

Selain seorang guru Pua' Janggot juga diberi amanat oleh warga setempat sebagai Kapala Dusun. Kisah singkat tentang Pua' Janggot ini menjadi pengantar bagi saya untuk membawa kalian untuk mengetahui ragam kelebihan Kabupaten Mamasa dibanding daerah lainnya.

10 Kelebihan Mamasa dari Daerah Lainnya yang Wajib Kamu Ketahui

1. Tanah Pertanian di Mamasa Cukup Subur

Tak heran jika apapun yang ditanam oleh petani di Mamasa, pasti tumbuh subur bahkan meski tidak diberi pupuk. Hanya perlu dirawat sedikit saja maka tanaman petani pasti sangat subur. Beragam tanaman itu seperti sayuran Kacang Panjang, Jagung, Kangkung, Singkong. Kalau kalian ada waktu jalan-jalan ke Mamasa maka, sepanjang jalan bisa saja kamu jumpai beragam tanaman yang tumbuh di pinggir jalan, nampak subur. Itu di pinggir jalan raya, bagaimana jika ditanamnya di ladang.

2. Mamasa Punya Potensi Perikanan

Selain dari aspek pertanian, Kabupaten Mamasa juga memiliki potensi besar dalam bidang perikanan. Banyak petani yang tak segan beralih dari sebelumnya mengolah sawah untuk menanam padi kemudian sawah tersebut dijadikan kolam ikan. Ikan Mas, Ikan Nila dan ikan lele merupakan yang paling potensial untuk dikembangkan di Mamasa.

3. Air Sungai Mamasa Sebagai Pembangkit Listrik

Yang ketiga ini tentu tidak asing lagi, yah debit air sungai Mamasa dari hulu hingga hilir cukup besar, sehingga menjadi salah satu pembangkit listrik tenaga air tepatnya di Bakkaru, Sulawesi Selatan. Air dari sungai Mamasa inilah yang menjalankan mesin pembangkit listrik yang bahkan bisa menjadi sumber energi bagi Sulselbar. Akan tetapi orang Mamasa sendiri belum begitu menikmati manfaat dari Sungai Mamasa, mungkin pemerintah perlu memantik sehingga pemanfaatan sungai Mamasa bisa lebih baik lagi.

4. Sungai Mamasa Buat Arung Jeram

Buat kamu yang merasa punya nyali main-main dengan air sungai Mamasa, tentu tidak ada salahnya. Di Sungai Mamasa anda bisa memacu adrenalin dengan olahraga rafting. Kami sarankan olahraga yang dekat dengan alam ini memerlukan peralatan seperti perahu karet dan Dayung, selain itu helm, pelampung dan sejenisnya. Berada di sungai Mamasa kamu juga akan dimanjakan dengan pemandangan hijauhnya alam.

5. Potensi Penghasil Kopi

Kabupaten Mamasa merupakan salah satu daerah yang memiliki potensi cukup besar sebagai penghasil kopi di Sulawesi Barat. Hampir diseluruh wilayah Kabupaten Mamasa dapat tumbuh kopi baik Kopi jenis Rebusta maupun Arabika. Bahkan saat ini ada anak daerah cukup kreatif dengan mengembangkan Brand Kopi Mamasa.

6. Penghasil Kentang

Besarnya potensi di bidang pertanian dan didukung oleh warga Mamasa yang mayoritas petani, membuat daerah ini menjadi salah satu yang menghasilkan kentang. Sumber daya alam yang satu ini pertama digelorakan Oleh seorang petani sukses bernama Demianus Tarra bersama dengan rekan petani lainnya yang tergabung dalam suatu kelompok tani yang bernama "Sahabat Petani"

7. Alam Mamasa Masih Sangat Alami

Kalau kamu pecinta lingkungan Hindu atau pengembara yang senangnya memacu adrenalin naik turun gunung, maka tak ada salahnya jika saya rekomendasikan kalian datang saja ke Mamasa. Meski kabupaten ini membutuhkan tenaga untuk menjangkaunya, namun kalian pasti puas dimanjakan pemandangan alam pegunungan yang begitu indah. Salah duanya yang cukup terkenal ialah Gunung Mambulinling di Mamasa yang menawarkan pemandangan layaknya 'Negeri di atas awan'.

8. Punya Banyak Air Terjun yang Indah

Air terjun atau lebih dikenal dengan istila "Sarambu" merupakan salah satu objek wisata yang paling banyak dicari pecinta wisata alam. Kabupaten Mamasa bisa menjadi pilihan yang tepat. Di Kecamatan Messawa ada air terjun Solloka, selanjutnya di Sumarorng ada Sarambu Liawan, kemudian di Mamasa ada Sarambu Sikore. Penasaran? Udah datangi ajah langsung.

9. Mayarakat Mamasa Punya Kepedulian Sosial yang Tinggi

Masyarakat Mamasa boleh dibilang manusia-manusia yang sangat luhur, keramahan orang Mamasa dan kepedulian terhadap sesama masih cukut terjaga di tempat ini. Kerjasama dan gotongroyong masih sangat bisa dijumpai di tempat ini. Setidaknya saat ada warga yang sedang membangun rumah, saat menjelang pesta perkawinan dan yang paling tak kalah adalah saat ada kedukaan. Masyarakat Mamasa masih sangat senang berkumpul dan bersosialisasi.

10. Budaya Aluk Todolo Yang Masih Terjaga

Budaya Aluk Todolo masih sangat dijunjung tinggi di Kabupaten Mamasa, baik bagi penganut kepercayaan Mapurondo maupun bagi penganut kepercayaan Alukta. Keduanya sebenarnya memiliki hubungan erat hanya bahasannya saja yang berbeda. Kedua aliran kepercayaan ini masih dipegang erat di Mamasa, banyak ritual-ritual yang dilaksanakan masyarakat Mamasa masih erat kaitannya dengan kedua Kepercayaan tersebut.

Bagaimana, apakah kamu tertarik ? Sekian dulu tulisan ini semoga bermanfaat.