Enam Tips Menata Meja untuk Afternoon Tea di Rumah

Enam Langkah Tips Menata Meja untuk Afternoon Tea di Rumah ~ Mau nge tea yang asik atau mendapat kenikmatan Afternoon tea yang nikmat, berarti Anda harus tau caranya. Mengapa Afternoon tea di hotel atau kedai biasanya lebih nikmat? Pastinya karena suasananya yang diatur semenarik mungkin.

Tidak ada salahnya Anda mencoba Afternoon tea di rumah tentunya dengan tampilan meja yang rapi dan cantik. Untuk mendapatkan itu semua Anda harus melakukan berbagai hal saat menyusun meja. Tentunya Afternoon tea di rumah akan menyuguhkan kenikmatan tersendiri. Bersantai bersama keluarga, sambil bercengkrama juga bisa bersama sahabat Anda.

Sebelum menyiapkan pesta, menyiapkan beberapa hal seperti menata meja bisa dilakukan dengan Enam Tips Menata Meja untuk Afternoon Tea di Rumah.

1. Pilih meja yang bagus

Pililah meja yang bisa menampung beragam jenis makanan serta teh. Meja yang dipilih pastinya disesuaikan juga dengan jumlah tamu yang diundang. Harap menggunakan meja yang cukup besar guna menempatkan perlengkapan teh, peralatan makan dan makanan.

2. Taplak Meja

Pilih taplak meja dan serbet kain yang bagus untuk afternoon tea. Memakai taplak meja yang bersih dan menarik bisa menambah daya pikat afternoon tea.

Kain linen putih bisa jadi pilihan aman dan bernuansa tradisional. Tapi Anda juga bisa memakai taplak meja aneka warna atau pola. Baik warna pastel maupun motif bunga. Sebaiknya sesuaikan dengan tema afternoon tea. Cari juga serbet yang cocok untuk taplak meja.

3. Sediakan alat makan

Alat makan seperti piring kecil, cangkir dan sendok kecil tak boleh terlewatkan dari meja. Jika Anda membuat pesta teh dengan tamu sedikit, letakkan masing-masing alat makan sesuai kursi tamu. Berikan cangkir beserta tatakannya untuk tiap tamu di bagian kanan piring. Sendok kecil taruh di dekat tatakan. Tapi apabila membuat pesta gaya buffet, letakkan seluruh perlengkapan dengan rapi di ujung meja.

Meski biasanya makanan untuk afternoon tea langsung dimakan dengan tangan, ingat juga perlengkapan makan tambahan jika diperlukan. Misalnya mangkuk dan sendok sup, sendok untuk pudding dan dessert lembut, serta sendok untuk selai dan krim. Tergantung dari pilihan makanan yang akan disajikan.

4. Perlengkapan teh

Atur perlengkapan teh di area tengah meja agar bisa diakses semua orang. Terdiri dari teh, poci teh, krimer atau wadah kecil untuk susu, mangkuk untuk gula berserta sendok kecil, teko berisi air panas, dan irisan lemon.

Terkait jenis teh, sediakan beberapa pilihan untuk tamu. Misalnya teh hitam dan teh herbal. Tiap varian teh seharusnya mempunyai poci sendiri. Gunakan penyaring teh saat memakai daun teh agar teh tidak masuk ke gelas teh tamu.

5. Kudapan

Sandwich, scone, cake dan cookies termasuk menu populer afternoon tea. Sajikan kudapan manis dan gurih di bagian tengah meja.

Sediakan setidaknya satu nampan atau piring besar dengan susunan rapi berbagai kudapan. Jika memungkinkan, pisahkan tempat untuk kudapan manis dan gurih.

Bisa juga memakai cake tier untuk seluruh makanan. Pada penyusunan tradisional, scone berada di tingkat paling atas, sandwich dan kudapan gurih di bagian tengah dan makanan manis di bawah.

6. Menghias meja

Dekorasi meja termasuk cara memperindah tampilan. Biasanya dekorasi bernuansa cerah dan ceria untuk menyesuaikan dengan suasana sore. Tapi Anda bisa melakukannya sesuai keinginan.

Bunga menjadi dekorasi umum untuk afternoon tea. Tapi sebaiknya hindari bunga dengan aroma terlalu kuat. Ini bisa mengganggu tamu. Cari bunga tanpa aroma atau berwangi ringan.

Bunga dapat ditempatkan dalam pot kecil cantik. Cara lain, tabur kelopak bunga mawar di beberapa area meja. Tapi pastikan letak bunga atau dekorasi lainnya tidak menyesakkan meja dan memblokir akses ke makanan. Lebih baik lakukan dekorasi setelah menaruh makanan dan minuman, sehingga bisa menyesuaikan dengan ruang tersisa di meja.

Detik Food