UT Majene Bekali Tutor Sebelum TTM Dimulai

Jakarta, GoSulbar.com -- Universitas Terbuka (UT) merupakan institusi yang menyediakan kesempatan belajar secara mandiri untuk mahasiswa. Salah satu layananan bantuan belajar bagi mahasiswa UT adalah Tutorial Tatap Muka (TTM), dalam TTM ini kegiatan belajar dilakukan di bawah bimbingan tutor sebagai fasilitator.

Untuk memperlancar kegiatan tutorial dan menyamakan persepsi Tutor Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) Majene Sulawesi Barat menggelar pembekalan Tutor Pendidikan Dasar (Pendas) Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP), di Kantor UPBBJ UT Majene, Jumat (23/2). 

Kegiatan ini, para Tutor diberi pemahaman lebih mendalam terkait program-program UPBJJ-UT, rancangan proses tutorial, baik Rancangan Acara Tutorian (RAT) maupun Satuan Acara Tutorial (SAT), sebelum melaksanakan proses tutorialnya. Pembekalan Tutor Pendas ini dihadiri sekira 35 peserta. 

Koordinator Bantuan Belajar dan Layanan Bahan Ajar (BBLBA), Firman Hamzi mengatakan, pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang sistem pembelajaran terbuka dan jarak jauh serta belajar mandiri kepada tutor. Selain itu juga memberikan keterampilan kepada tutor dalam merencanakan dan melaksanakan Tutorial Tatap Muka (TTM).

"UPBJJ-UT ini ada dua model tutorial, yakni TTM dan Tutorial On Line, jadi mahasiswa bisa masuk di mana saja, karena pada prinsipnya UPBJJ-UT menginginkan para mahasiswanya untuk bisa belajar mandiri," jelasnya. 

Sementara itu, Kepala UPBJJ-UT Majene, Arifin Tahir, mengatakan, Pada Pembekalan tutor kali ini, para tutor dibekali dengan materi Sistem Pembelajaran Jarak Jauh, Evaluasi Pelaksanaan TTM Pendas, Petunjuk Kerja Tutor. 

Melalui pembekalan ini, tutor diharapkan dapat memahami tugas dan tanggungjawabnya. Sehingga dengan tutorial yang baik mahasiswa dapat memahami dan menguasi materi modul dengan baik, yang pada akhirnya mereka mendapatkan nilai yang baik. Acara pembekalan tutor ini diakhiri dengan pendatangan kontrak kerja dan penyerahan RAT dan SAT. (mt/ru)

Sumber : Rakyatku