Universitas Terbuka PTN ke-45 Terapkan Sistem Belajar Terbuka Jarak Jauh

Jakarta, GoSulbar.com-- Universitas Terbuka (UT) adalah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ke-45 di Indonesia yang menerapkan sistem belajar terbuka dan jarak jauh. Sistem belajar ini terbukti efektif untuk meningkatkan daya jangkau dan pemerataan kesempatan pendidikan tinggi, yang berkualitas bagi semua warga negara Indonesia.

Kepala Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) Universitas Terbuka (UT) Majene Sulawesi Barat, Arifin Tahir mengatakan, UT merupakan universitas yang memiliki banyak keunggulan, salah satunya yakni tersedianya fasilitas tutorial online.

Dengan kata lain, mahasiswa juga dipandu oleh tutor online (tuton) yang memberikan materi kuliah dan tugas secara online dengan jeda waktu tertentu. Dalam konteks ini, mahasiswa harus mengetahui jadwal kuliah dan ujian akhir semester terlebih dahulu.

"Minat mahasiswa berkuliah di UT dengan keunggulan yang ada kian meningkat, terbukti dari peningkatan jumlah mahasiswa dari tahun ke tahun. Saat ini UT Majene sudah memiliki sekira 7.000 Mahasiswa aktif," jelas Arifin Tahir, Kamis (11/1).

Arifin menjelaskan, syarat untuk berhasil menempuh pendidikan di Universitas Terbuka adalah kemandirian. Cara belajar mandiri menghendaki mahasiswa untuk belajar atas prakarsa atau inisiatif sendiri. (mt/rk)

Sumber : Rakyatku

No Response

Leave a reply "Universitas Terbuka PTN ke-45 Terapkan Sistem Belajar Terbuka Jarak Jauh"