Waduh, Virus Zika Bisa Ditularkan Lewat Sperma?

a9c167b8-4d52-4021-b906-4b475a024752_169Jakarta, GoSulbar.com -- Gigitan nyamuk Aedes aegypti merupakan jalur utama penularan zika, virus yang tengah menggemparkan Benua Amerika. Para ilmuwan kini menyelidiki kemungkinan virus tersebut menular lewat hubungan seks.

Sedikitnya ada 2 laporan ilmiah yang mengungkap keberadaan virus zika di dalam cairan sperma. Laporan pertama ditulis oleh ahli biologi dari University of Colorado, Prof Brian Foy.

Dalam laporannya tahun 2011, ia mengaku menulari istrinya lewat hubungan seks. Kasus tersebut bermula saat Prof Foy bepergian ke Senegal untuk meneliti nyamuk di sebuah desa di wilayah tenggara, yakni Bandafassi.

Sesampainya di rumah, ia mengalami gejala infeksi zika yang disertai kemunculan bercak darah di cairan sperma. Beberapa pekan kemudian, istrinya mengalami gejala infeksi disertai sensitivitas terhadap cahaya.

Hasil penelusuran menyimpulkan, kemungkinan besar sang istri tertular virus zika melalui hubungan seks. Beruntung, keempat anak mereka tidak mengalami masalah.Temuan Prof Foy dipublikasikan di jurnal Emerging Infectious Disease.

Kasus ini diklaim sebagai yang kasus pertama penularan zika dari orang ke orang melalui kontak seksual. Pada hewan, kemungkinan ini telah disinggung dalam beberapa penelitian.

Tags: