Hati-hati! Makanan ini Sebabkan Racun Jika Dihangatkan

Jakarta, GoSulbar.com -- Sering kali kita ingin menghangatkan makanan ketika sudah dingin. Namun ternyata ada makanan yang justru membahayakan bagi kesehatan.

Jika memasak terlalu banyak dan tidak segera dimakan, makanan akan menjadi dingin. Dan kalau sudah seperti ini, seringkali makanan jadi tidak enak. Kamu mungkin tergoda untuk menghangatkan kembali makanan yang sudah dingin.

Tapi hati-hati ya guys, karena ternyata ada beberapa makanan yang seharusnya tidak boleh dipanaskan. Beberapa ahli nutrisi mengungkapkan dalam Women's Health bahwa beberapa makanan akan jadi beracun bagi tubuh jika dihangatkan kembali, seperti:

1. Jamur
Jamur memang enak jika dimakan saat masih kenyal dan hangat, entah itu dimasak tumis atau digoreng krispi. Tapi sebaiknya jangan memanaskan kembali masakan berbahan jamur karena meski tinggi vitamin B dan protein, tapi vitamin akan hilang dan protein berubah jadi racun jika dimasak lagi. Lebih baik buang jika tidak habis dimakan.

2. Kentang
Kentang bisa jadi pengganti nasi saat diet, tapi sebaiknya tidak memanaskan kembali kentang yang matang karena bisa memicu tumbuhnya bakteri botulism yang menyebabkan sakit perut.

Menurut Food Safety, setelah kentang matang, konsumsi selagi hangat, jangan dibiarkan hingga dingin dalam waktu lama. Hal ini juga berlaku untuk jenis umbi lain seperti buah beet, ubi dan singkong.

3. Sayuran hijau
Sayuran hijau yang tak boleh dihangatkan lagi setelah matang seperti misalnya bayam, kangkung, brokoli dan sawi.

Menurut ahli makanan, sayuran-sayuran ini akan melepaskan nitrat yang menyebabkan sayuran jadi beracun. Bahkan melepaskan senyawa karsinogenik yang memicu kanker. Jadi lebih baik langsung dimakan atau tidak dihangatkan jika sudah dingin, semoga bermanfaat ya guys, (ea/kc)

Sumber: Kompas.com